Profesi mengajar tidak dapat disamai oleh profesi lainnya, baik dalam hal keutamaan pun kedudukannya. Dalam profesi mengajar, semakin mulia dan semakin bermanfaat ilmu yang diajarkan, maka semakin tinggi pula kemuliaan derajat pemiliknya.

Seorang pengajar (guru), jika dia mengikhlaskan amalnya untuk Allah SWT. serta meniatkan tak’limnya untuk memberikan manfaat bagi orang lain, kemudian mengajarkan kebaikan, melenyapkan kebatilan, maka hal itu akan menjadi nilai plus dari kebaikannya serta tambahan pahalanya.

Sebagaimana hadist Rosulullah SAW “Sesungguhnya Allah, para Malikat, penduduk langit dan bumi, bahkan hingga semut lobangnya, dan bahkan hingga ikan di lautan, benar-benar memohonkan Sholawat (pujian dan rahmat) bagi orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia”.

Salah satu guru sedang memberikan motivasi disela-sela pembelajaran

Tugas guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada anak didik saja, bahkan ia memikul tugas berat dan sulit lainnya, utamanya pembentukan ahlaq anak didik. Tugas berat inilah yang menuntut guru memiliki sifat sabar, amanah, tulus dan mengayomi.

Dari itu maka peranan seorang guru sangat penting dalam peradaban masyarakat. Dan sebagai bentuk penghargaan bagi guru-guru maka ditetapkanlah Hari Guru Sedunia.

Hari Guru Sedunia (World Teachers’ Day) adalah hari yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994 untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru. Hari Guru Internasional bisa dimaknai sebagai pemahaman, kepedulian, dan apresiasi yang ditampilkan terhadap peran vital guru, yaitu melakukan transmisi ilmu pengetahuan dan membangun generasi muda. Guru harus diberdayakan sebagai langkah penting menuju pendidikan yang berkualitas dan masyarakat yang berkelanjutan.

Guru itu seperti Artis, punya penggemar anak-anak yang Manis.
Walau isi kantong tipis, tapi pantang mengemis.
Guru itu seperti Penceramah, harus bersikap Ramah.
Tidak boleh banyak marah, walaupun dibayar Murah, tapi Alhamdulillah.
Guru itu seperti Pejabat, punya pekerjaan amat Berat.
Harus mendidik anak jadi orang Hebat, dan Alhamdulillah ilmu Bermanfaat.

bang jon – pemateri workshop AKPS PGRI

Di Indonesia sendiri, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 Nopember bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Jadi bagi sang guru, mari bersemangatlah menyemai kebaikan dan menebarkan ilmu pengetahuan. (Bang Jon)

Tinggalkan Balasan

19 + 16 =