Alhamdulillah, SD Plus Rahmat menjadi salah satu sekolah yang diamanahi oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri untuk dapat melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada mulai Senin, 13 September 2021. Hal ini tentu kami sambut baik dan penuh kesyukuran. Pihak sekolah kemudian menindaklanjuti dengan mengadakan rapat penyusunan teknis dan SOP Kegiatan PTM.

Sebelumnya sekolah juga membuat dan membagikan form Surat Pernyataan Orangtua bahwa Mengijinkan / Tidak Mengijinkan Ananda mengikuti kegiatan PTM. Ini adalah sayart utama dalam pelaksanaan PTM. Dari angket tersebut diperoleh data bahwa terdapat 852 orangtua yang mengijinkan Ananda mengikuti PTM dan 59 orangtua yang belum mengijinkan Ananda mengikuti PTM, serta 65 orangtua belum mengisi form angket.

Pihak sekolah tetap memfasilitasi siswa yang memilih PJJ yaitu dengan tetap memberikan pembelajaran yang sama secara daring via kelas virtual Ms. Teams. Dengan teknis tiap jenjang kelas dijadikan satu dalam kelas bersama dan dihandle oleh seorang Ustadz/dzah.

Berikut ini adalah teknis pelaksanaan PTM di SD Plus Rahmat :

  1. Satu jenjang kelas masuk 2x dalam sepekan
  2. Sehari ada 2 sesi, sesi 1 (absen 1-15) dan sesi 2 (absen 16-30) – rolling pada hari berikutnya
  3. Pembelajaran sesi 1 pukul 07.00-09.00, sesi 2 pukul 10.00-12.00. Ada space 1 jam untuk kelancaran proses pergantian sesi dan strelisasi area sekolah.
  4. Desain pembelajaran: 30 menit pertama untuk Do’a dan Murojaah; 60 menit untuk Pembelajaran, Diskusi dan Pembahasan Tugas; 30 menit terakhir untuk Ice Breaking, Motivasi, Do’a Penutup.
  5. Detail Jadwal PTM disini
  6. SOP Kegiatan PTM disini

Alhamdulillah pada pekan pertama (Senin, 17 September 2021 – Jum’at, 17 September 2021) pelaksanaan Kegiatan PTM berjalan dengan lancar dan sukses.

Video Kegiatan PTMP SD Plus Rahmat

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan PTM pekan pertama:

Pada hari pertama terdapat beberapa media yang meliput seperti dari Radar Kediri, Kompas TV, dan bacaini.id.

Liputan Radar Kediri dan Kompas TV di Kelas 1A

Selain itu juga ada beberapa kunjungan dari Pengawas Sekolah, Kepala Kelurahan Banjaran bersama Tim dan dari DKLH Kota Kediri.

Monitoring PTM dari Pengawas Sekolah Kecamatan Kota (Bu Lilik Marliana, M.Pd.)
Monitoring PTM dari Kelurahan Banjaran dan Tim
Monitoring PTM dari DKLH Kota Kediri

Alhamdulillah, respon dan arahan dari berbagai pihak tersebut sangat bagus. Terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Kediri, Dinas Pendidikan Kota Kediri, orangtua/walimurid juga anak-anak semua, Ustadz/dzah dan karyawan, serta warga sekitar yang telah membantu terlaksananya kegiatan PTM dengan baik dan lancar. Teriring do’a terbaik, semoga keadaan semakin membaik dan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat segera kembali normal seperti sediakala. Aamiin. (Humas_bangjon)

Tinggalkan Balasan

14 − eleven =