Flayer Sosialisasi AKM

Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan Sosialisasi AKM Kepada Walimurid Kelas 4 pada hari Sabtu, 20 Pebruari 2021 berjalan lancar dan sukses. Meskipun kegiatan tersebut dilaksanakan secara online via Ms. Teams, namun tidak mengurangi antusias dan semangat Bapak/ibu Walimurid dalam mengikuti kegiatan sosialisasi.

Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi sejak dini terkait pelaksanaan AKM, yang InsyaAllah bulan Agustus nanti akan dilaksanakan perdana untuk siswa kelas 5 (yang saat ini kelas 4). Dengan penyampaian informasi awal ini, diharapkan orangtua murid dapat bersinergi dalam mempersiapkan Ananda siap menghadapi AKM.

Sesi Foto di Akhir Sesi Sosialisasi

Kegiatan Sosialisasi AKM Kepada Walimurid Kelas 4 dimulai pukul 10.00 WIB tepat, dibuka oleh Kepala Sekolah – Ustadzah Yuni dan diteruskan paparan materi sosialisasi selama kurang lebih 1 jam oleh Ustadz Jon sebagai narasumber yang juga bagian dari Tim Jenjang Kelas 4.

Paparan materi dimulai dengan sebuah pepeling dari Sahabat Nabi – Ali Bin Abi Thalib “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian“, kemudian dilanjutkan dengan pengantar tentang Asesmen Nasional dan materi inti AKM.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, Madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur
literasi membaca dan numerasi murid. Pengertian minimum untuk menunjukkan literasi membaca dan numerasi merupakan kompetensi yang setidak-tidaknya harus dimiliki untuk seseorang dapat berfungsi secara produktif dalam kehidupan. Konten yang diukur bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan. Istilah minimum juga memaknai bahwa konten yang diukur bukanlah seluruh konten pada kurikulum namun konten yang esensial.

Adapun record kegiatan sosialisasi dapat dilihat di channel youtube SD Plus Rahmat sebagai berikut:

Sebagai pelengkap informasi terkait AN dan/atau AKM dapat disimak dalam file ini Tanya Jawab AKM dan InsyaAllah, info update terkait AKM akan kami tuliskan melalui website ini.

Semoga Bermanfaat… (Bang Jon)

Tinggalkan Balasan

thirteen + nine =