Sekitar 500an pustakawan, guru dan Kepala Sekolah dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sangat antusias dalam mengikuti Webinar Literasi “Transformasi Perpustakaan di Era Pandemi” pagi ini. Mereka berasal dari berbagai daerah, tak hanya wilayah Kediri atau Jawa Timur saja, namun dari luar Jatim juga banyak. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara virtual (via zoom meeting dan live streaming youtube), nampaknya antusias peserta sangat luar biasa. Hal ini terbukti dari kehadiran peserta joint meeting yang ontime sesuai jadwal yang ditentukan panita.

Kegiatan webinar dibuka secara resmi oleh Kepala SD Plus Rahmat. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. “Kami mengambil tema ini karena adanya wujud keprihatinan dari kami, bahwa dimasa pandemi ini ternyata perpustakaan-perpustakaan kita (di sekolah) banyak yang mati suri, tidak bisa memberikan pelayanan secara maksimal. Maka dengan webinar ini kami mengajak Bapak/Ibu semua bagaimana caranya agar perpustakaan sekolah kita bisa tetap eksis dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik” pungkas Beliau sebelum membuka acara webinar secara resmi.

Kepala SD Plus Rahmat (Ustadzah Sri Wahyuni, S.TP., S.Pd.SD.)

Kegiatan webinar semakin terasa hangat, dengan adanya sambutan Walikota Kediri Bapak Abdullah Abu Bakar, SE. “Perpustakaan harus adaptif terhadap kondisi saat ini, dimana gaya hidup masyarakat mulai berubah dengan sangat drastis. Semua serba digital, maka perpustakaan juga harus siap menuju digitalisasi” ungkap Beliau.

Walikota Kediri (Bapak Abdullah Abu Bakar, SE.)

Selain itu peserta webinar juga mendapatkan suntikan nutrisi motivasi dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri, Bapak Marsudi Nugroho, M.Pd. Beliau menuturkan “Perpustakaan adalah jantungnya sekolah, jantungnya dari lembaga pendidikan, maka meskipun dalam kondisi pandemi seperti inipun, perpustakaan harus tetap jalan, tetap hidup – agar sekolah tetap berjalan dengan baik”.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri (Bapak Marsudi Nugroho, M.Pd.)

Dalam webinar literasi kali ini mengangkat 2 materi besar yaitu Membangun Perpustakaan Digital yang disampaikan oleh Bapak Santoso Mahargono, S.Sos. dan Mengelola E-Books dengan Slims Versi Bullian yang disampaikan oleh Muhammad Hamim, S.Kom., M.Pd.

Bapak Santoso Mahargono, S.Sos
Muhammad Hamim, S.Kom., M.Pd.

Untuk keseluruhan video kegiatan Webinar Literasi “Transformasi Perpustakaan di Era Pandemi” dapat dilihat ulang di channel youtube SD Plus Rahmat Kota Kediri.

Video Kegiatan Webinar Literasi “Transformasi Perpustakaan di Era Pandemi”

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan Webinar Literasi SD Plus Rahmat Kediri dengan Tema “Transformasi Perpustakaan Dalam Pingit Pandemi”.


INFO PENTING PESERTA WEBINAR

Rekan Talenta Literasi Digital
Terima kasih telah mengikuti kegiatan Webinar Literasi SD Plus Rahmat Kediri dengan Tema “Transformasi Perpustakaan Dalam Pingit Pandemi”.

Berikut Materi Dari Webinar Literasi dapat di download pada link berikut :
Materi 1 : Membangun Perpustakaan Digital oleh Santoso Mahargono, S.Sos.

Materi 2 : Mengelola E-Books dengan Slims Versi Bullian oleh Muhammad Hamim, S.Kom., M.Pd.

Dan, sebagai dakwah kegiatan Literasi dari Perpustakaan SD Plus Rahmat, bagi institusi yang menghendaki follow up berupa rekanan kerjasama dengan Perpustakaan SD Plus Rahmat Kediri, bisa melalui link: https://bit.ly/Form_Rekanan-Perpustakaan-SDPlusRahmat

Semoga bermanfaat, Aamiin… (Humas_bangjon)

Tinggalkan Balasan

five + 10 =