Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Hal ini merupakan langkah antisipatif dan sebagai bentuk edukasi global untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Hari Cuci Tangan Sedunia adalah peluang untuk merancang, menguji, dan mereplikasi cara kreatif untuk mendorong orang mencuci tangan dengan sabun. Adapun tema Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2021 adalah “Masa Depan Kita di Tangan Kita – Mari Beraksi Bersama Untuk Membuat CPTS (Cuci Tangan Pakai Sabun) Nyata Bagai Semua”.

Berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Kota Kediri tertanggal 12 Oktober 2021 nomor 420/1842/419.109/2021 perihal: Hari Cuci Tangan Sedunia Tahun 2021, maka SD Plus Rahmat juga ikut berpartisipasi memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada hari Jum’at, 15 Oktober 2021. Secara terpisah Ustadzah Iim (Kepala UKS SD Plus Rahmat) menyampaikan bahwa “tujuan dari kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini adalah untuk perlindungan diri dari berbagai macam infeksi dan penyakit; mencegah risiko penyebaran penyakit menular kepada orang lain; dan pembentukan karakter sejak dini”.

Adapun desain kegiatan sesuai dengan panduan adalah mengadakan apel bersama di halaman sekolah (Petugas Dinas Kesehatan, Guru, dan Siswa), kemudian mengikuti pengarahan dan penjelasan oleh Petugas Dinas Kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), kemudian guru dan siswa mencuci tangan bersama bergantian.

Mengingat hari Jum’at ini siswa yang PTM adalah jenjang kelas 2 dan 5, maka untuk siswa yang mengikuti apel adalah perwakilan siswa kelas 5. Kegiatan ini juga di live pada kelas virtual Ms. Teams dan channel youtube sekolah untuk memfasilitasi edukasi siswa yang PJJ (Siswa jenjang kelas 1, 3, 4, 6).

Kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini dibuka secara resmi oleh Ustadzah Yuni (Kepala SD Plus Rahmat). Selanjutnya, materi edukasi disampaikan oleh Bunda Lusi Kustiningrum, SKM. dari P2P Dinas Kesehatan Kota Kediri.  Pesan terindah Beliau untuk kita semua adalah “Cuci tangan selama 20 detik dapat menyingkirkan kuman, termasuk Virus Corona. Jangan segan cuci tangan, termasuk setelah transaksi menggunakan uang tunai terutama uang kertas”.

Bunda Lusi Kustiningrum, SKM. dari P2P Dinas Kesehatan Kota Kediri

Selesai paparan materi, peserta apel diajak untuk memberikan cap tangan pada banner yang telah disediakan sebagai bentuk dukungan kegiatan pembiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun, dan kemudian diadakan simulasi dan praktik cuci tangan pakai sabun dengan benar.

Ustadzah Alfa bersama Segenap Guru dan Siswa memberikan Cap Tangan pada Banner

7 Langkah Cara Cuci Tangan Pakai Sabun yang Baik dan Benar menurut WHO:
1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. 

Sebagaimana pedoman kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia dari Dinas Pendidikan di atas tadi, kegiatan ini juga didokumentasikan dalam bentuk video yang kemudian diposting di IG (Intagram) SD Plus Rahmat berikut (Silahkan follow IG nya yah):

https://www.instagram.com/sdplus.rahmat/

Semoga kegiatan sederhana ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan Allah mudahkan kita semua untuk istiqomah melakukan hal-hal baik sekecil apapun, termasuk membiasakan cuci tangan dengan sabun. (Humas_bangjon).

Tinggalkan Balasan

7 − 1 =