اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (Q.s Surat Al-Alaq:1-5)

Aktivitas intelektual merupakan salah satu sarana bagi pengembangan pendidikan. Karena budaya intelektual menjadi sarana pengembangan kognitif dan afektif bagi peserta didik sebagai upaca membangun kecerdasan. Bahkan hal itu pun merupakan salah satu tujuan dari bangsa ini seperti diunggkapkan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang berbunyi, ”mencerdaskan kehidupan bangsa …” Oleh karena itu pengembangan aktivitas intelektual seperti membaca, kemudian menulis dan berdiskusi mutlak diperlukan dalam mengembangkan intelektual bangsa.

Sayangnya, aktivitas intelektual yang menjadi sarana penting pengembangan intelektual bangsa tersebut belum berkembang. Hal itu bisa dilihat dari budaya baca bangsa Indonesia yang masih kurang. Serta tingkat kemajuan pendidikan bangsa Indonesia. Untuk itu diperlukan sarana yang menunjang pengembangan aktivitas intelektual.

Yayasan Taman Pendidikan Rahmat Kota Kediri merupakan salah satu wadah dalam mengembangkan aktivitas intelektual, baik itu membaca, menulis dan berdakwah islamiyah. Yayasan Taman Pendidikan Rahmat Kota Kediri, tentu juga memiliki misi  mengembanmgkan dunia kepenulisan dalam upaya membangun budaya intelektual. Melalui lembaga pendidikannya, khususnya SD Plus Rahmat telah menelurkan beberapa karya tulis, tak hanya Ustdz/dzah yang sebelumnya dikemas dalam “GuRaMe (Guru Rahmaters Menulis)“, pun para siswa-siswinya yang dibingkai dalam “ROMO (Rahmat Olimpiade Menulis Online) Edisi 1 dan 2″. Untuk itu dalam rangka menumbuhkan minat baca dan menulis baik untuk siswa, guru dan orangtua murid, maka gebrakan tahun ini SD Rahmat Kota Kediri akan menyelenggarakan Lomba Menulis Cerpen “ROMO (Rahmat Olimpiade Menulis Online) Edisi 3″.

Logo ROMO-3

Pada ROMO (Rahmat Olimpiade Menulis Online) Edisi 3″ ini, tentu berbeda dengan ROMO 1-2, yang hanya diperuntukan siswa saja. Dalam ROMO 3 ini, kegiatan dibagi dalam 3 kategori, yaitu: Junior (Siswa); Tutor (Guru; dan Parents (Orangtua). Adapun detail teknis dapat disimak pada flayer berikut:

Flayer ROMO-3

#SDPlusRahmatKediri #Berakhlaq_Berbudaya_Berprestasi #GerakanLiterasiSekolah #RahmatOlimpiadeMenulisOnline #SDPlusRahmatMembaca #SDPlusRahmatMenulis

Selamat menikmati liburan dan terus berkarya… (Bang Jon)

Tinggalkan Balasan

1 × 3 =