Mulai tahun ajaran 2019/2020 ini, ekskul robotik SD Plus Rahmat menggandeng Ruang Robot sebagai pembina. Anak-anak sangat bersemangat menikmati kegiatan barunya. Gayung bersambut saat ada pengumuman Lomba Karya Teknologi (LKT) “Light Up Our Mind with Technology” yang digelar Universitas Negeri Surabaya (UNESA), semangat anak-anak makin membara. Setelah seleksi dan trial, akhirnya pembina membentuk 4 tim, masing-masing tim terdiri atas 2 anak, untuk diberangkatkan mengikuti LKT tanggal 26-27 Oktober 2019 di Surabaya.

•Tim Rahmat_Biant-Rasya (Jibrilliant Muhammad 4D – Rasya Putra Agasa 4A)

•Tim Rahmat Sakha-Maza (Ghani Sakha M.Hisyam 4A – Muzakki Habib 4D)

•Tim Rahmat Bintang-Yayan (Raihan Bintang 4A – Ilham Akbar Yuliyanto 4D)

•Tim Rahmat Rama-Tian (M. Rasyid Mahatma 4B – M. Razaktian 4D)

Pembinaan sepulang PTS tak membuat anak-anak enggan belajar mempersiapan PTS. Meski baru menempuh pembinaan instensif 10x pertemuan saja, mereka cukup percaya diri melaju karena tim  Ruang Robot membimbing dengan cakap dan akrab.


Tim Robotik SD Plus Rahmat for LKT Unesa 2019

Berbekal semangat dan iringan doa orang tua serta keluarga besar SD Plus Rahmat, delapan walad sholih ini melangkah ke ajang robotik kelompok beginner (pemula). Awalnya ekspresi mereka penuh takjub, melihat begitu banyak tim dengan berbagai rancangan desain robot yang memikat… sebagian besar dari peserta tampil percaya diri dengan atribut tim masing-masing, sungguh tampak bahwa ini bukan kali pertama mereka. Tapi anak Rahmat tak mudah kecil hati. Banyaknya peserta dan jadwal yang molor cukup panjang menjadikan hari pertama lomba berlangsung hingga lewat pukul 22.00. Para orang tua memutuskan membawa anak-anak ke penginapan untuk istirahat sebelum pengumuman 16besar keluar demi mempertimbangkan kondisi fisik anak-anak.

Alhamdulillah, sekitar pukul 22.30 kami menerima kabar dari Pembina, Bapak Julian Sahertian, bahwa dua dari empat tim Rahmat lolos 16 besar, yakni tim Rahmat_Biant_Rasya dan Tim Rahmat_Rama_Tian.


Pengumuman 16 besar LKT Unesa 2019 kelompok Beginner

Hari kedua kian menegangkan karena sudah tentu lawan akan makin berat.

Dari 16 besar, tinggal tim Rahmat_Biant_Rasya yang melaju ke 8 besar.


Tim Rahmat_Biant-Rasya

Maasyaa Allah makin tegang rasanya melihat calon lawan di battle 8 besar nanti begitu lihai mengendalikan robotnya… desain robotnya pun sedemikian rupa membantu kecepatan mengangkut kubus target.

Adrenalin terasa meningkat saat timer mulai dinyalakan. Kendali robot dipegang oleh Rasya begitu lincah berusaha menyelesaikan misi transport, namun segera terkejar oleh gerakan robot dari tim Mumtaz dengan selisih poin dan waktu yang begitu tipis. Duo Biant-Rasya harus terhenti meski tinggal selangkah menuju Grand Final.

Hasil LKT Unesa 2019 kelompok Beginner:

Juara 1 SDI Al Falah Surabaya

Juara 2 SD Mumtaz (Muhammadiyah 1&2) Sidoarjo

Juara 3 SDIT Bina Insani Kediri

Juara 4 SD Mumtaz (Muhammadiyah 1&2) Sidoarjo

Tentu ada sedih dan kecewa… namun pengalaman ini sungguh berharga…sungguh luar biasa. Sedih dan kecewa ini akan segera bertransformasi menjadi evaluasi dan motivasi belajar-berlatih lebih tekun lagi untuk bisa lebih baik lagi meniti pengalaman seru di kesempatan mendatang. Semoga Allah mudahkan, Aamiin… (Deaedianto – Bunda Biant 4D)

Tinggalkan Balasan

20 − six =