Karya inovatif ini merupakan sebuah terobosan gabungan teknologi dan daur ulang sampah yang terinspirasi dengan perilaku hidup peduli. Betapa tidak ? Di masa pandemi saat ini  sangat diperlukan perilaku hidup peduli baik terhadap diri sendiri, sesama, maupun lingkungan. Perilaku ini akan berdampak pada kebersihan lingkungan sekitar dan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya dengan benar. “Robot Tempat Sampah Otomatis” ini bisa menjadi solusi di masa pandemi berupa kemudahan dan pengingat agar setiap orang selalu membuang sampah pada tempatnya. Kemudahannya terletak pada manfaat dengan minimalisir kontak langsung dengan tempat sampah saat akan membuang sampah. Sedangkan pengingat (sistem reminder) ini memberikan sebuah pembiasaan membuang sampah ketika kita lupa.

Robot ini akan mengaktifkan sensor secara otomatis ketika ada siapapun yang lewat di depannya atau mendekatinya. Dari sensor tersebut, lampu sensor menyala merah dan tutup tempat sampah akan terbuka otomatis sehingga bisa menjadi sistem yang mengingatkan bahwa orang tersebut harus membuang sampah di tempatnya. Ketika kita sudah membuang sampah dengan benar, maka secara otomatis tutup tempat sampah akan menutup otomatis.

Bintang dan teman-teman sedang mendemonstrasikan bagaimana robot tempat sampah otomatis bekerja.

Menarik bukan.. ?

Begitu besar manfaatnya bahkan biaya juga relatif murah untuk sebuah kreatifitas robot. Tidak sampai 200 ribu sudah bisa membuat sebuah robot tempat sampah otomatis. Biaya ini bisa diminimalisir lagi jika bisa memodifikasi menggunakan bahan bekas. Bahan yang diperlukan adalah tutup botol bekas, tempat sampah bekas, motor servo, arduino uno, sensor jarak, dan kabel, power bank, LED dan buzzer, UBEC, LCD, dan converter. Untuk arduino uno perlu dicoding atau diprogram terlebih dahulu. Lalu semua bahan dirangkai dan dipasang seperti pada gambar.

Di bawah ini adalah tahapan yang menunjukkan bagaimana robot tempat sampah otomatis bekerja:

Semoga bermanfaat, Aamiin…

Tinggalkan Balasan

twelve + fifteen =