A. Bahasa Indonesia

A.1. Wawancara

Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi

Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara

Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber

Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H

  1. What (Apa): menanyakan kejadian
  2. Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)
  3. Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian
  4. When (Kapan): menanyakan waktu kejadian
  5. Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu
  6. How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:

  1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber
  2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber
  3. Fokus pada topik yang dibahas
  4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara

Langkah Pelaksanaan Wawancara:

  1. Menentukan topik yang akan dibahas
  2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik
  3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H
  4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber
  5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan

Langkah Menarasikan Wawancara:

  1. Baca teks wawancara dengan cermat
  2. Catat pokok-pokok isi wawancara
  3. Buat pengantar ke arah isi wawancara
  4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara
  5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:

  1. Sikap badan tegak dan percaya diri
  2. Menguasai materi laporan hasil wawancara
  3. Pelafalan kata tepat dan jelas
  4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna

A.2. Teks Petunjuk

Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar

Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:

  1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya
  2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan
  3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis
  4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk

B. IPS

Sumber Daya Alam: segala sesuatu yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia

Jenis Sumber Daya Alam:

  1. Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus tidak habis. Contoh: air, tanah, tumbuhan, hewan
  2. Tidak Dapat Diperbarui: dipakai terus-menerus akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, emas

B.1. Persebaran Hasil Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan


Persebaran Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui

B.2. Persebaran Hasil Tambang


Persebaran Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

B.3. Hutan Indonesia

Jenis Hutan:

  1. Hutan Heterogen: ditumbuhi berbagai jenis pohon. Contoh: Kebun Raya Bogor
  2. Hutan Homogen: ditumbuhi satu jenis pohon. Contoh: hutan jati, hutan pinus

Manfaat Hutan:

  1. Menyimpan air
  2. Habitat hewan
  3. Mencegah erosi
  4. Penghasil kayu
  5. Objek wisata

Akibat Jika Hutan Rusak:

  1. Banjir
  2. Tanah longsor
  3. Kebakaran hutan

Tindakan Pelestarian Hutan:

  1. Pembuatan kawasan cagar alam, taman nasional, dan suaka margasatwa
  2. Melaksanakan tebang pilih

C. PPKN

Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban

Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab

Hak Anak di Rumah:

  1. Mendapat kasih sayang dari orang tua
  2. Mendapat perlindungan
  3. Mendapat perhatian

Kewajiban Anak di Rumah:

  1. Menjaga kebersihan rumah
  2. Mematuhi nasihat orang tua
  3. Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
  4. Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah

Hak Anak di Sekolah:

  1. Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
  2. Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
  3. Mendapatkan nilai hasil belajar

Kewajiban Anak di Sekolah:

  1. Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
  2. Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
  3. Menyerahkan SPP tepat waktu

Hak sebagai Warga Masyarakat:

  1. Mendapat rasa aman dalam beraktivitas
  2. Mendapat pekerjaan yang layak
  3. Memilih dan dipilih
  4. Mengeluarkan pendapat

Kewajiban sebagai Warga Masyarakat:

  1. Menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban lingkungan
  2. Mendorong terciptanya kehidupan kemasyarakatan yang rukun dan tentram
  3. Menaati peraturan yang berlaku
  4. Ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan masyarakat

Akibat Jika Hak Seseorang Tidak Terpenuhi:

  1. Menjadi patah semangat dalam menjalankan kewajiban
  2. Menjadi acuh tak acuh terhadap keadaan lingkungan sekitarnya

Akibat Jika Seseorang Tidak Menjalankan Kewajiban dengan Baik:

  1. Pelaksanaan kehidupan individu jadi tidak seimbang
  2. Mendapatkan sanksi dari lembaga atau lingkungan
  3. Tidak bisa memperoleh hak yang diinginkan

D. SBdP

Tempo: ukuran kecepatan dalam birama lagu


Tempo pada Lagu dan Contoh Lagunya

E. IPA

Energi Alternatif: energi ramah lingkungan yang dimanfaatkan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, gas alam)

E.1. Angin

Angin: udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan, mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah atau dari tempat bersuhu rendah ke tempat bersuhu tinggi

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB): pembangkit listrik yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi, berupa kincir angin yang terhubung dengan turbin dan generator

Keunggulan Energi Angin:

  1. Jumlahnya melimpah
  2. Tidak menghasilkan gas rumah kaca dan limbah berlebihan

Daerah di Indonesia yang Memiliki Potensi Angin yang Bagus:

  1. Nusa Tenggara Barat (NTB)
  2. Nusa Tenggara Timur (NTT)
  3. Pantai selatan Pulau Jawa
  4. Pantai selatan Pulau Sulawesi

PLTB di Indonesia: PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan

  1. PLTB terbesar di Asia Tenggara
  2. Memiliki 30 turbin angin dengan ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter
  3. Mampu menghasilkan listrik 75 Megawatt (MW)

E.2. Air

Air: zat utama yang dibutuhkan makhluk hidup dan mempunyai potensi energi besar

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA): pembangkit listrik yang mengubah energi air yang mengalir menjadi energi mekanik (menggunakan turbin) dan diubah menjadi energi listrik (menggunakan generator)

E.3. Matahari

Matahari: sumber energi utama di alam semesta, menyimpan potensi energi yang besar dalam bentuk panas dan cahaya

Sel Surya: alat pengubah energi panas dan cahaya matahari menjadi energi listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): pembangkit listrik yang memanfaatkan sel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, terdapat di Karangasem dan Bangli (Bali)

E.4. Geotermal (Panas Bumi)

Geotermal (Panas Bumi): energi yang berasal dari inti bumi, dapat ditemui di sekitar gunung berapi aktif yang mengandung batu-batu panas. Diperoleh dengan cara mengebor lapisan batuan untuk membebaskan uap pada kedalaman tertentu

Keunggulan Energi Geotermal:

  1. Dihasilkan terus-menerus sepanjang musim karena tidak memerlukan penyimpanan energi
  2. Hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca

E.5. Nuklir

Nuklir: penerapan bidang ilmu inti atom yang memanfaatkan atom Uranium sebagai sumber energi panas

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN): pembangkit listrik yang menggunakan satu atau lebih reaktor nuklir, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin

Keunggulan Energi Nuklir:

  1. Tidak menghasilkan limbah berbahaya
  2. Mampu bertahan lebih lama
  3. Menghasilkan tenaga lebih besar daripada bahan bakar fosil
  4. Tidak menyebabkan efek rumah kaca

Rangkuman ini dibuat dengan mengacu pada Buku Tematik dan berbagai sumber lainnya.

Bank Soal Tema 9

Jangan lupa pantau terus website sekolah ini yah, dan kalian bisa pelajari rangkuman materi tema lainnya untuk kelas 4 SD Semester 2 pada link berikut ini:

Tema 6

Tema 7

Tema 8

Matematika

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

seventeen − 16 =