September merupakan Bulan Gemar Membaca di Kalender Nasional. Ada Event Tahunan Perpustakaan SD Plus Rahmat yang selalu ditunggu, apalagi kalau bukan Lomba Hias Pojok Baca Kelas yang diikuti oleh 5 jenjang, dari kelas 1-5. Persiapan untuk menghias pojok baca kelas sudah dilakukan sejak pertengahan Agustus lalu.

Tema yang dipilih ada Flora, Fauna, Laut, Angkasa Luar, dan Era Digital. Keberadaan pojok baca kelas, sudah begitu lekat dan menyatu dengan satuan konsep kelas. Dengan adanya kemudahan akses buku bacaan di setiap kelas, menjadikan lingkungan kelas kaya akan bahan literasi. Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk menarik minat baca siswa untuk gemar membaca buku, dan yang tidak kalah penting menanamkan rasa handarbeni atau ikut memiliki fasilitas dan buku yang ada, sehingga turut menjaga dan melestarikannya. Juga sebagai media kreatifitas siswa dalam menuangkan ide dan karya untuk ditempel di mading kelas masing-masing.

Pojok Baca Kelas 1C

Pojok Baca Kelas 2B
3C

Pojok Baca Kelas 5D

Dukungan penuh tentu hadir dari kepala SD Plus Rahmat, ustadzah Sri Wahyuni,
“Saya berharap dengan adanya pojok baca kelas bisa menarik minat siswa untuk gemar membaca karena disediakan fasilitas tempat baca yang sangat mudah dijangkau oleh siswa. Apalagi jika guru bisa mengajak siswa untuk merancang desain pojok baca yang menarik, siswa akan lbh termotivasi membaca karena ada rasa memiliki dan rasa bangga. Pada pojok pada sebaiknya juga dilengkapi dengan display/ pajangan karya literasi siswa.” ungkap beliau.

Foto dari kiri ke kanan: Ustadah Farida (Pustakawan) – Ustadah Isti 6A (Desain Terbaik Jenjang Kelas 6) – Ustadah Eni 5D (Juara Jenjang Kelas 5) – Mbak Arsy 4C (Juara Jenjang Kelas 4) – Ustadah Betty (Wakil Kepala Sekolah) – Ustadah Wahyu 3C (Juara Jenjang Kelas 3) – Ustadah Rita 2B (Juara Jenjang Kelas 2) – Ustadah Kafi 1C (Juara Jenjang Kelas 1) – Ustadah Esty (Pustakawan)

Pada tanggal 2 September 2019 lalu, hadiah berupa piagam dan uang pembinaan diserahkan kepada 5 kelas terpilih dari setiap jenjang, sebagai Kelas dengan Pojok Baca terbaik. Serta satu kelas juara dari kelas 6 sebagai kelas impian. Penilaian utama dalam lomba tentu saja tidak hanya dari visual saja, namun juga mencakup kebersihan kelas, dan kreatifitas siswa dalam menghias pojok baca kelasnya. Hasilnya? Semua kelas keren dan oke punya!.

Budaya membaca siswa siswi & warga sekolah tercermin dari lingkungan sekolah yang Literat, atau kaya bahan bacaan. Pojok baca yang menyenangkan, membuat suka cita membaca setiap hari. Yuk, baca buku! Buka khazanah ilmu!
Salam Literasi! (Esty Kinan_Librarian)

Tinggalkan Balasan

fifteen + 13 =