Mangga, denga nama latin Mangifera indica

Nama “mangga” berasal dari bahasa Tamilmankay, yang berarti man “pohon mangga” + kay “buah”. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris)

Mangga
Buah mangga manalagi
dari Situbondo – Probolinggo
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Sapindales
Famili:Anacardiaceae
Genus:Mangifera
Spesies:M. indica
Nama binomial
Mangifera indica

Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.[3][4] Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (jawa)

bunga mangga merupakan bunga majemuk yang berkarang dalam malai bercabang banyak di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada juga yang gundul, kuning kehijauan, sampai 40 cm panjangnya. Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yang mempunyai banyak cabang utama. Setiap cabang utama ini mempunyai banyak cabang-cabang, yakni cabang kedua. Ada kemungkinan cabang bunga kedua ini mempunyai suatu kelompok yang terdiri dari 3 bunga atau mempunyai cabang tiga. Setiap kelompok tiga bunga terdiri dari tiga kuntum bunga dan setiap kuntum bertangkai pendek dengan daun kecil. Jumlah bunga pada setiap bunga majemuk bisa mencapai 1000-6000. Pembuahan dibantu oleh angin. Musim Mangga berbuah, tergantung dengan varietasnya. Setahun 2 sampai 3 kali.

bunga mangga manalagi.
buah mangga manalagi.

Mangga manalagi memiliki rasa perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Ukuran buahnya lebih kecil dari mangga golek.

Ciri khas mangga manalagi adalah dagingnya yang tebal, padat, dan berserat. Manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dari pohon. 

Kenapa dinamakan mangga manalagi?
Varietas mangga yang satu ini mendapatkan namanya karena rasanya yang sangat ranum dan lezat. Sekali mencoba jenis mangga yang satu ini, orang pasti akan merasa ketagihan dan bertanya “mana lagi nih mangganya yang tadi?”. Nah, dari kebiasaan tersebut akhirnya mangga ini disebut dengan nama mangga manalagi. Unik sekali ya…

Bagaimana karakter fisik mangga manalagi?
Mangga manalagi tergolong ke dalam varietas mangga yang berukuran kecil hingga sedang. Mangga manalagi yang berukuran kecil biasanya berasal dari daerah Probolinggo sedangkan mangga manalagi yang berukuran sedang berasal dari daerah Situbondo. Buah mangganya tak akan bisa sebesar mangga arumanis atau mangga apel. Meski kecil, rasa mangga manalagi sangat manis dan hampir tanpa rasa asam. Daging buahnya bertekstur tebal dengan serat yang sangat halus.  


Manfaat buah mangga manalagi
Manfaat buah mangga manalagi dan jenis mangga lainnya ternyata sangat baik untuk kesehatan. Serat alami yang terkandung di dalamnya akan membantu memperlancar sistem pencernaanmu. Kamu tak perlu khawatir terkena konstipasi lagi jika kamu rajin menyantap buah mangga secara teratur. Manfaat buah mangga juga membantumu memenuhi asupan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tinggalkan Balasan

fourteen + 17 =