Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai[2] yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiĕngTeupahlahapangTim.ketapasBug.atapang; dll.), pohon ini juga memiliki banyak sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.[3]

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almondSingapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, dan lain-lain.

fisiologi ketapang
Ketapang
Ketapang, Terminalia catappa
menurut F.M. Blanco, Flora de Filipinas
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Myrtales
Famili:Combretaceae
Genus:Terminalia
Spesies:T. catappa
Nama binomial
Terminalia catappa L.[1]
Sinonim
Terminalia moluccana Lamk.Terminalia procera Roxb.Terminalia latifolia Blanco, non Swartz

Pohon ketapang bisa tumbuh hingga 30 sampai 35 meter. Pohon ketapang memiliki karakter pohon yang cabangnya melebar ke samping. Lebar cabangnya bisa mencapai 20 meter. Cabangnya tersusuk bertingkat-tingkat seperti pagoda. Inilah sebabnya pohon ketapang sering digunakan untuk pohon peneduh di jalan dan taman. Pohon ketapang memiliki nama ilmiah Terminalia catappa. Pohon ini adalah tumbuhan angiosperma dan merupakan tumbuhan dikotil. Daunnya berbentuk oval seperti telur. Bunganya kecil berwarna putih kehujauan dan sangat wangi. Buah ketapang berbentuk telur gepeng dengan satu biji di dalamnya. Warna buahnya hijau jika masih mentah dan berubah berwarna merah keunguan ketika matang.

Manfaat pohon ketapang Hampir setiap bagian dari pohon ketapang bisa bermanfaat bagi manusia. Berikut adalah uraiannya.

  1. Daun dan kulit pohon: bahan pembuat pewarna hitam dan tinta
  2. Daun ketapang: menetralkan pH air di akuarium agar air lebih ideal untuk memelihara ikan, terutama ikan cupang
  3. Batang ketapang: materi lantai kayu yang bagus karena memiliki warna merah bata dan coklat. Selain itu teksturnya juga cukup keras dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan jenis kayu lain
  4. Biji ketapang: pengganti biji kenari dan almond. Biji ketapang memiliki manfaat kesehatan untuk menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, biji ketapang kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.
biji ketapang

Tinggalkan Balasan

five × four =