Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga keduanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan dibudidaya.

Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhâmbhu wir, kalampok (Md.), nyambu er (Bl.), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.

buah jambu air

Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruitwater apple (Ingg.) dan lain-lain.

Jambu Air
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Myrtales
Famili:Myrtaceae
Genus:Syzygium
Spesies:S. aqueum
Nama binomial
Syzygium aqueum (Burm.f.Alston, 1929
Sinonim
Eugenia javanica Lamk., 1789 (part)
Eugenia mindanaensis C.B. Robinson, 1909

Manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh Anda

Pemanfaatan buah jambu air untuk budidaya umumnya masih kurang disegani. Hal ini karena sifat buah jambu air yang mudah sekali busuk setelah matang, akibat kandungan airnya yang tinggi dan karakteristiknya yang tidak memiliki kulit.

Bunga Jambu Air

Di luar hal tersebut, jambu air memiliki kandungan gizi yang lengkap, terutama vitamin dan mineral tertentu. Berikut beberapa khasiat dan manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Membantu mengontrol diabetes

Di balik rasanya yang manis-asam, jambu air berkhasiat dalam membantu penderita atau orang yang memiliki risiko diabetes untuk mengontrol kadar gula tubuh.

Sebuah studi menyebutkan, jambu air memiliki kandungan jambosine, yakni jenis senyawa alkaloid yang menunjukkan hasil menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula dalam tubuh.

Ekstrak daun ataupun biji buah jambu air umum digunakan untuk membantu melawan diabetes dalam metode pengobatan tradisional. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak jambosine untuk mengontrol gula darah.

2. Memperlancar buang air besar

Kombinasi air dan serat yang tinggi dalam kandungan jambu air membuat buah ini bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan, sekaligus melancarkan buang air besar. Kedua kandungan ini dapat membantu makanan agar mudah dicerna, mengatasi sembelit, dan juga gangguan pencernaan lainnya.

Tanin, zat organik yang umumnya terasa pahit juga terkandung dalam daun jambu air. Senyawa ini pada tingkatan tertentu bermanfaat untuk mengobati diare atau mencret. Ekstrak biji jambu air juga berpotensi mengatasi disentri, penyakit infeksi usus akibat bakteri.

3. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium yang tinggi dengan sodium yang rendah pada jambu air menjadi pilihan nutrisi tepat yang dibutuhkan penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Dikutip dari Harvard Health, Anda bisa mengombinasikan jambu air dan sumber kalium lain seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjalani diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi dan kolesterol tinggi.

Mengatasi kedua hal tersebut tentu dapat membantu Anda menghindari masalah kesehatan berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti aterosklerosis, stroke, serangan jantung, hingga jantung koroner.

Tinggalkan Balasan

seventeen + 12 =