Salam Pramuka..! Dua kali tepuk pramuka..

Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-56 usai sudah. Alhamdulillah, kegiatan yang digelar pada hari Jumat (11 Agustus 2017) dan Sabtu (12 Agustus 2017) berjalan dengan lancar. Anak-anak mengikuti setiap tahap kegiatan dengan semangat.

Suasana upacara penutupan di pagi hari

Ustadzah Sri Wahyuni, S.TP., S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SD Plus Rahmat, bertindak sebagai pembina dalam upacara penutupan PERJUSA 2017 ini, Sabtu (12 Agustus 2017).  Dalam sambutannya, Ustadzah Yuni memberikan beberapa pertanyaan sederhana seputar kesan anak-anak selama mengikuti PERJUSA.

“Bagaimana anak-anak, senang mengikuti PERJUSA ?” Tanya Ustadzah Yuni

“Senang..” anak-anak menjawab serentak.

PERJUSA kali ini sangat istimewa. Letaknya tidak seperti biasanya, di SMP Plus Rahmat. Anak-anak benar-benar belajar survive di medan yang berbeda. Kesannya menjadi lebih menantang bagi anak-anak. Pembelajaran awal kemandirian. Berpisah dengan orang tua dan belajar menghadapi hidup di luar kebiasaannya sehari-hari. Saling membantu dan toleransi dengan teman saat menghadapi kesulitan apapun.

Berkumpul di depan gapura sambil menikmati udara pagi (foto : Ustadz Chuluq)

Anak-anak juga harus mematuhi segala peraturan yang berlaku. Menjalankan semua kegiatan dengan keikhlasan merupakan kunci sukses kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Seperti semalam, setelah kegiatan api unggun. Anak-anak harus istirahat dan tidur. Mereka harus mengatur energi untuk esok hari. Belajar hidup bersahaja, berani dan bertanggung jawab. Berbagi dengan teman. Tidur berdesakan tetapi memiliki nilai kebersamaan yang indah.

Sekitar pukul 02.30 – 03.00 dini hari anak-anak sudah bersiap bangun untuk melakukan sholat tahajud. Setelah sholat dilanjutkan dzikir dan tadarus bersama hingga menunggu waktu subuh. Setelah sholat shubuh, anak-anak melakukan pembongkaran tenda dan mengemasi barang. Kemudian bersama-sama berolah raga dan jalan pagi.

 

Juara menjelajah : Juara I (regu putri 5C); Juara 2 (regu putri 5A)  Juara 3 (regu putra 5C) / (foto : Ustadz Chuluq)
Juara Fotografi : Juara 1 (regu putri 5E); Juara 2 (regu putra 5C) ; Juara 3 (regu putra 5D); Juara 4 (regu putra 5A); Juara 5 (regu putri 5D) / (foto : Ustadz Chuluq)
Juara mendirikan tenda : Terbaik Putra (regu 5A), Tebaik Putri (regu 5D) / foto : (Ustadz Chuluq)

Kegiatan akhir adalah upacara penutupan dan sarapan bersama di halaman SMP. Dalam upacara penutupan, diumumkan juga juara lomba mendirikan tenda, fotografi dan menjelajah. Closing acara yang inspiratif dan sangat memotivasi anak-anak. Selamat ya bagi regu pemenang.. Semangat selalu bagi yang belum menang.

Pramuka sejati adalah yang bisa memaknai hidup dengan baik. Menjadi juara tidak harus menang dalam perlombaan. Tapi, tekunilah proses yang ada dengan bijaksana. Jadilah juara dalam hal apapun. Juara dalam kebaikan. Juara dalam karakter dan jiwa yang tangguh. Juara dalam bakti kepada orang tua dan guru. Juara dalam beribadah. Pemberani dalam kebenaran. Bertanggung jawab. Jujur…. Dan semua juara dalam hidup kalian..

SALAM PRAMUKA…. !!!

(Luci Apriliasari, S.TP– HUMAS SD Plus Rahmat)

Tinggalkan Balasan

13 − 11 =