SD Plus Rahmat kembali mengadakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua siswa yaitu outbond. Kegiatan Outbond ini antara lain bertujuan untuk membentuk karekter siswa, diantaranya berani, jujur, percaya diri, kerjasama, mandiri, religius, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Adapun tema yang diambil kali ini adalah “Play and Learn Together with Harmony”.

Sabtu kali ini (28/09/2019), kegiatan outbond diikuti oleh 305 siswa, yaitu sebanyak 148 siswa kelas 4 dan 157 siswa kelas 5. Dalam kegiatan ini mereka dikomandoi oleh Tim I Can Indonesia dengan didampingi oleh guru pendamping sebanyak 25 orang dan beberapa wali murid yang juga sekaligus membantu dalam hal transportasi yaitu dengan kendaraan sekitar 50 mobil.   

Outbond tahun ini mengambil lokasi yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu di Area PG Ngadirejo Sumber Lumbu, Ngancar Kabupaten Kediri. Lokasinya cukup jauh dari sekolah. Untuk sampai disana membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit.

Pembukaan Outbond oleh Ustadzah Sri Wahyuni, S. TP., S. Pd., SD (Kepala SD Plus Rahmat)

Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.40 dengan dibuka oleh Kepala SD Plus Rahmat (Ustadzah Sri Wahyuni, S. TP., S. Pd. SD.) dan kemudian dilanjutkan dengan doa bersama, pemanasan dan games ringan sebelum ke pos kegiatan.

Games Estafet Air

Games yang dimainkan yaitu estafet air, tepuk konsen dan perahu karpet. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari games tersebut, misalnya: tepuk konsen ini membelajarkan kejujuran, berani dan tanggungjawab, karena yang salah harus berani jujur mengakui dan bertnggungjawab.

Kemudian di games estafet air, ini membelajarkan siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu bekerjasama dengan siswa lainnya.

Games Perahu Karpet

Sedangkan di games perahu karpet ini antara lain membelajarkan tentang kebersamaan, teamwork yang solid dan saling menjaga satu sama lainnya.

Setelah sekitar satu jam anak-anak melakukan games, kemudian mereka secara berkelompok menuju ke pos masing-masing dengan wahana yang berbeda-beda dan selanjutnya saling bergantian.

Pos 1 : Titian Tali dan Jembatan Goyang

Di pos 1, ada titian tali dan jembatan goyang, yaitu setiap siswa harus mampu berjalan di atas ram-raman tali yang dibentangkan, dilanjutkan berjalan di atas seutas tali yang ditalikan diantara 2 pohon.

Persiapan Flying Fox

Di pos 2, ada flying fox yang paling dinantikan anak-anak. Eh, namun ternyata ada beberapa anak yang takut juga, hehehee… namun dengan bujuk rayuan Ustdz/dzah dan tim mereka berani mencoba dan berhasil mendarat dengan baik. Alhamdulillah. Meskipun antrian cukup panjang dan butuh waktu lama, mereka rela menunggu, penasaran kali ya?

Di pos 2, ada flying fox yang paling dinantikan anak-anak. Eh, namun ternyata ada beberapa anak yang takut juga, hehehee… namun dengan bujuk rayuan Ustdz/dzah dan tim mereka berani mencoba dan berhasil mendarat dengan baik. Alhamdulillah. Meskipun antrian cukup panjang dan butuh waktu lama, mereka rela menunggu, penasaran kali ya?

Di pos 3, ada menghayut di air kali. Heeemmmm… ternyata ini pos yang paling seru. Mungkin karena mereka ndak pernah mandi di kali ya, beda sama gurunya nih, xixixixiiiii…

Jadi, teknisnya tiap dua anak harus tengkurap lalu menghanyutkan diri dalam aliran air yang sangat jernih (ketika masih awal, setelahnya, hiiii…). “Yang susah tuh tali rafianya ini us, bikin ribet aja” celoteh salah satu anak yang nyangkut kepalanya ditali raffia.

naek ban mengikuti aliran air hingga di pos 4

Masih dipos 3, anak-anak melanjutkan perjalanan ke pos 4 dengan naik ban mengikuti aliran air.

Pos 4 : Water Boom

Di pos 4, ada water boom. Ini merupakan wahana yang sangat membutuhkan kerjasama dan kekompakan semua anggota tim untuk dapat memenangkannya.

Tim harus menutup dengan jari tangan, semua lubang kecil yang ada di sepanjang pipa paralon sepanjang 1,5 meter. Dan satu anak mengambil air untuk kemudian dituangkan ke dalam paralon tersebut. Jika tidak kompak, otomatis air yang dituangkan akan banyak terbuang.

Wah, dengan asyiknya anak-anak bermain, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00. Akhirnya, mereka diarahkan oleh Ustdaz/dah dan tim untuk bersih diri dan melakukan sholat dhuhur berjamaah dan makan siang sebelum melakukan perjalanan pulang.

Semoga kegiatan outbond hari ini dapat memberikan pengalaman terbaik untuk anak-anak hebat dan semoga pekan depan untuk outbond kelas 2 dan 3 juga dapat berjalan lancar dan sukses, Aamiin…  (bang jon)

Tinggalkan Balasan

eight − two =