“Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

Luar biasa keutamaan sholat dhuha bagi umat islam. Di dalamnya juga mengandung sedekah. Di SD Plus Rahmat, sholat dhuha sudah menjadi pembiasaan ibadah. Mulai jenjang kelas 1 hingga jenjang kelas 6. Pembiasaan ini dilaksanakan bergantian di Masjid Rahmat yang terletak di lingkungan SD Plus Rahmat. Khusus untuk siswa kelas 1 pembiasaan sholat masih dilaksanakan di kelas masing-masing.

Seperti yang dilakukan jenjang 4 pada Kamis, 2 Agustus 2018. Sekitar 160 siswa melaksanakan sholat dhuha di masjid bergantian dengan ustadz-ustadzah. Saat siswa melaksanakan sholat dhuha, beberapa ustadz-ustadzah mengawasi gerakan sholat hingga benar. Selain sebagai pembiasaan, sholat dhuha juga sebagai pembelajaran sholat yang benar baik bacaan maupun gerakan sholat.

Pembiasaan ini diharapkan akan mengakar dalam jiwa siswa dan menjadi karakter kuat yang terus dilakukan hingga mereka dewasa. Semoga senantiasa istiqomah ya anak-anak sholih dan soliha.. Aamiin. (LUCI APRILIASARI, S.TP – KORBID Humas SD Plus Rahmat)

 

Tinggalkan Balasan

4 − 3 =