Oleh : Bang Jon

Minggu pertama masuk sekolah, di SD Plus Rahmat diserempakkan untuk semua jenjang kelas dengan agenda kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), tentunya kegiatan didesain dengan berbagai kegiatan yang sesuai jenjang kelas masing-masing. Dalam agenda tersebut terdapat sesuatu yang baru yaitu pengenalan materi “life skill”. Yang rencananya mulai tahun pelajaran 2017/2018 akan secara rutin tiap Sabtu diadakan pembelajaran life skill, tentunya ini bertujuan untuk menjawab realita kondisi saat ini yang kebanyakan siswa kurang atau bahkan tidak mempunyai life skill sama sekali.

Termasuk di jenjang kelas 5, agenda pada hari Rabu adalah pengenalan materi life skill, namun demikian karena ini adalah program yang baru dan belum selesai penyusunan panduan pembelajarannya, maka kami selaku wali kelas 5E mencoba menyajikan pembelajaran semampunya yaitu dengan menjelaskan seputar pengertian life skill, mengapa kita harus mempelajarinya, bagaimana islam mengajarkan itu dan beberapa contoh real life skill yang harus dikuasai siswa kelas 5.

Setelah sekitar 90 menit kegiatan pembelajaran berjalan lancar dan cukup ramai aktif karena antusias dan keinginbisaan siswa melakukan kegiatan life skill sederhana yang dicontohkan dan sebelum berakhirnya kegiatan pembelajaran guru memberikan tugas praktikum salah satu saja kegiatan life skill yang disepakati bersama. Dan saat itu telah diputuskan bersama bahwa tugasnya adalah cuci piring sendiri yang digunakan untuk makan. Selanjutnya guru menginformasikan tugas tersebut ke group WA walimurid dan memintanya untuk mendokumentasikan, Alhamdulillah respon wali murid sungguh luar biasa…. sangat mendukung.

Meskipun terlihat sepele, membiasakan anak untuk cuci piring berdampak positif. Peneliti membuktikan hal ini bisa membuat mereka sukses di masa depan. Dikutip dari Business Insider (6/11), Julie Lythcott-Haims dari Universitas Stanford mengatakan jika anak-anak tidak melakukan tugas rumah tangga sejak dini bukan tidak mungkin mereka kesulitan bekerja sama dengan orang lain di masa depan (http://food.detik.com/).

Ini juga menekankan transformasi anak pintar menjadi orang dewasa sukses dimulai dari mengerjakan tugas rumah tangga. Jika anak-anak tidak mencuci piring sekarang, berarti seseorang melakukannya untuk mereka. Jadi mereka tak hanya bebas dari pekerjaan, tetapi juga kehilangan pembelajaran bahwa sesuatu harus dilakukan dan tiap orang harus berkontribusi untuk kebaikan semua. Sebaliknya, anak-anak yang dibesarkan dengan kebiasaan mengerjakan tugas rumah tangga akan lebih mudah bekerja sama dengan rekan kerjanya kelak. Dengan membuat mereka melakukan tugas rumah tangga, mereka menyadari bahwa “saya harus melakukan pekerjaan dalam kehidupan ini agar menjadi bagian dari kehidupan”.

Dengan pembiasaan cuci piring sendiri ini, maka diharapkan siswa dapat saling berbagi tugas dan membantu orang tua, tentunya ini sangat baik dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada siswa. Selain itu, dengan pembiasaan ini maka keharmonisan keluarga akan senantiasa terjaga dengan semakin kuatnya rasa saling memiliki dalam keluarga.

Dari berbagai manfaat yang begitu besar dari kegiatan sederhana tersebut, maka selanjutnya ini akan kami lanjutkan menjadi salah satu program unggulan kelas 5E, selain tiga program unggulan lainya yaitu 3S, 3S dan SMW.

Alhamdulillah berdasarkan hasil rapat bersama wali murid kelas 5E via Group WA pada hari Kamis, 20 Juli 2017 pukul 19.30 hingga 21.30 WIB telah disepakati bersama terkait 4 program unggulan kelas 5E.

Semoga Allah SWT. mudahkan langkah kita semua untuk membiasakan kegiatan life skill lainnya sebagai upaya pengembangan diri siswa yang dilandasi oleh kesadaran bahwa manusia memiliki kemampuan untuk menentukan apa yang paling baik untuk dirinya dalam rangka mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Prinsip ini tampak sesuai dengan prinsip “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS: Ar-Ra’d: 11).

Semoga bermanfaat….

2 thoughts on “Pembiasaan “CPS” jadi Program Unggulan Kelas 5E

Tinggalkan Balasan

3 × 2 =