oleh : Marjono, S.Pd *)

 

Bismillah was sholatu wa salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,

Bulan Romadhon adalah bulan yang sangat spesial, bulan yang penuh keberkahan dan berbagai keistimewaan. Dimana pada saat itu orang-orang beriman diwajibkan berpuasa dan itulah penyebab terampuninya segala dosa dan terhapusnya kesalahan yang telah lalu. Sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siap yang berpuasa Romadhon karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari & Muslim).

 

Pada bulan yang mulia ini Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memberikan bonus besar-besaran yaitu dengan melipatgandakan pahala, sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim “Setiap amal yang dilakukan anak adam akan dilipatgandakan. Satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman :” Kecuali puasa, ia adalah untuk-Ku. Aku yang akan membalasnya. Orang yang berpuasa meninggalkan syahwat dan makannya demi Aku semata”.

 

Selain itu Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di bulan Romadhon. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Al Qur’an, sholat, dzikir dan I’tikaf” (Zaadul Ma’ad, 2:25).

Oleh karenanya marilah kita semua berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan bulan Romadhon ini dengan berpuasa menjalaninya dengan penuh keimanan dan hanya mengaharap balasan dari Allah dan kita semua senantiasa untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan-kebaikan sebanyak-banyaknya.

SD Plus Rahmat Kota Kediri sebagai Islamic Fullday School senantiasa berusaha memfasilitasi warga sekolah umumnya, terkhusus peserta didik dalam mengiatkan syiar islam khususnya dalam bulan Romadhon tahun ini, adapun beberapa kegiatan tersebut antara lain: kegiatan pondhok romadhon; pengajian; buka puasa bersama; Gerakan Zakat, Infak & Sedekah (ZIS); berbagi takjil dan Olimpiade Kebaikan Ramadhan (OKR).

 

Olimpiade Kebaikan Ramadhan (OKR) merupakan inovasi pembelajaran aplikatif yang bermakna bagi peserta didik. Karena terbatasnya waktu dan berbagai keterbatasan, untuk tahun ini kegiatan OKR baru dilaksanakan di jenjang kelas 5 saja. Adapun tujuan kegiatan OKR antara lain :

  1. Untuk mengevaluasi kegiatan siswa pada bulan Romadhon tahun ini, (yang sudah dilalui, yaitu pada hari ke-1 hingga hari ke-13);
  2. Memperbaiki, kembali menggiatkan kebaikan-kebaikan yang di lakukan siswa khususnya pada tanggal dilaksanakan lomba dan umumnya pada sisa-sisa hari bulan Romadhon tahun ini;
  3. Melatih, sedikit memaksa dan membiasakan siswa untuk dapat melakukan kebaikan-kebaikan sebanyak-banyaknya di bulan yang penuh berkah ini;
  4. Memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya di bulan yang penuh berkah ini;
  5. Melatih siswa lebih disiplin, jujur, amanah dan bertanggungjawab;
  6. Menyiapkan siswa untuk menjadi generasi Sholih/Sholihah dan berprestasi.

Secara umum, kegiatan OKR ini sangat simple dan tidak memberatkan siswa ataupun walimurid, adapun detail langkah-langkah pelaksanaan dijabarkan sebagai berikut :

  1. Peserta : seluruh siswa kelas 5
  2. Pelaksanaan : Jum’at, 14 Romadhon 1438 – Selasa, 18 Romadhon 1438H (Pasca Penilaian Akhir Tahun – PAT)
  3. Tempat : dimanapun siswa berada
  4. Teknis pelaksanaan dan penilaian :
  5. Siswa mendata dengan memberi nilai setiap bentuk “Kebaikan” yang telah dilakukan dalam kurun waktu lomba tersebut, dan menuliskannya dalam form yang disediakan
  6. Siswa merekap nilai point setiap hari
  7. Orang tua membantu memantau, memotivasi mengingatkan dan memfasilitasi Ananda untuk berbuat “Kebaikan” sebanyak-banyaknya, dan membubuhkan tanda tangan pengesahan setiap hari di form yang telah disediakan.
  8. Guru mengecek, memeriksa dan memberikan pengesahan jumlah nilai di akhir kegiatan, yaitu pada hari Rabu, 19 Romadhon 1438H
  9. Guru mengumumkan peraih jumlah nilai kebaikan terbaik (diambil 5 nilai tertinggi)
  10. Pemberian hadiah (pada saat Pondhok Romadhon)
  11. Juara dan Hadiah (tiap kelas) :
  12. Juara 1 : Al Qur’an Hafalan Tikrar + Bingkisan Menarik
  13. Juara 2 : Al Qur’an Hafalan Tikrar + Bingkisan Menarik
  14. Juara 3 : Al Qur’an Hafalan Tikrar + Bingkisan Menarik
  15. Juara 4 : Bingkisan Menarik
  16. Juara 5 : Bingkisan Menarik

 

Akhirnya, tidak ada upaya kecuali senantiasa berdo’a untuk kita semua, khususnya anak-anak didik agar terus istiqomah mampu meneguk berbagai keberkahan–keberkahan di bulan Romadhon tahun ini dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mempertemukan kita semua dengan Romadhon tahun berikutnya, aamiin..

*) Penulis adalah Wali Kelas 5D sekaligus Koordinator Lomba SD Plus Rahmat Kediri

Lampiran dibawah!!!

Lembar Evaluasi Kegiatan Ibadah

Tinggalkan Balasan

16 + one =