*oleh : Ir. H. Mujito

Tahun 2000 merupakan tonggak bersejarah berdirinya dua bangunan megah berlantai dua yang saling berhadapan sebagai jawaban akan dimulainya “Master Plan operasional pendidikan di Yayasan Taman Pendidikan Rahmat.”

Bukanlah impian belaka dan bukan angan-angan kosong saja. Tetapi, keberadaan Yayasan Taman Pendidikan Rahmat merupakan program lanjutan dalam mewujudkan perintah Allah SWT, sesuai firman-Nya di dalam Al Qur’an, surat Annisa’ : 9. “Dan hendaklah takut kepada Allah SWT orang-orang yang meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatirkan terhadap mereka. Maka, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah SWT dan bertakwalah dengan perkataan yang baik.

Master Plan Yayasan Taman Pendidikan Rahmat terbagi dalam 3 (tiga) program, yaitu : Program Jangka Pendek,  Program Jangka Menengah dan Program Jangka Panjang.

Uraian ketiga program itu adalah sebagai berikut:

  1. Program Jangka Pendek adalah mendirikan Play Group dan TK Plus Rahmat.

Alhamdulillah pada Hari Sabtu, tanggal 22 September 2001 dengan akta notaris no. 11/H. Masjkur SH/Tulungagung/22 September 2001, secara resmi operasional pendidikan islam jenjang Play Group dan TK Plus Rahmat dimulai dengan konsep pendidikan Islamic Full Day School.

Kegiatan belajar mengajar Play Group dan TK Plus Rahmat tersebut menempati gedung yang telah dibangun sebelumnya sebanyak 8 lokal.

Seiring dengan perkembangan kemajuan, dimana antusias masyarakat terhadap Play Group dan TK Plus Rahmat besar sekali sehingga gedung yang tersedia tidak mampu menampung anak didik. Maka, pengurus YTP Rahmat membangun 12 lokal lagi untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Sampai saat ini, Play Group dan TK Plus Rahmat memiliki 20 lokal yang dipergunakan untuk ruang kelas, perpustakaan, kantor Play Group, kantor TK, ruang komputer dan ruang makan.

  1. Program Jangka Menengah adalah mendirikan SD Plus Rahmat.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus untuk menampung lulusan TK Plus Rahmat, maka tahun pelajaran 2002/2003, YTP Rahmat menambah satu jenjang pendidikan lagi, yaitu SD Plus Rahmat.  YTP Rahmat membangun 25 lokal demi memenuhi kebutuhan gedung SD. Antara lain; ruang kegiatan belajar mengajar (KBM), kantor Kepala Sekolah, kantor Tata Usaha, kantor guru, UKS, ruang BK, laboratorium Komputer dan MIPA, Perpustakaan dan ruang Ekstrakurikuler.

Kemajuan SD Plus Rahmat ditandai pada hasil Unas tahun 2008. SD Plus Rahmat meraih nilai Unas tertinggi se-Kota Kediri, baik nilai individu maupun nilai rata-rata-nya.  Kalau dilihat dari peta Jawa Timur, SD Plus Rahmat peringkat 18 dan 36 dari 10. 690 SD swasta di Indonesia. Atas prestasi tersebut, kami atas nama YTP Rahmat bersyukur kepada Allah SWT. Kami juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada ustadz-ustadzah atas kerja keras dan semangatnya. Begitu juga terima kasih kepada pada pengurus komite sekolah dan wali murid atas kerja sama-nya.

  1. Program jangka panjang yaitu rencana mendirikan SMP Plus Rahmat dan SMA Plus Rahmat.

Prestasi SD Plus Rahmat semakin tahun semakin meningkat, baik dari segi kurikulum maupun ekstrakurikuler. SD Plus Rahmat banyak meraih juara 1 berbagai lomba, baik tingkat Kota Madya, provinsi maupun tingkat nasional.

Dorongan prestasi tersebut menggugah semangat pengurus YTP Rahmat. Tahapan yang sudah dilakukan untuk menyiapkan SMP Plus Rahmat adalah pembukaan lahan seluas kurang lebih 7000 m2 di timur RSUD Gambiran II. Selain itu, kami juga melakukan studi banding ke Yogyakarta dan Surabaya untuk penyusunan kurikulum, sarana dan prasarana, struktur personalia, lay out bangunan, detail desain konstruksi bangunan dan rencana pembangunan 2013 / 2014.

Dengan tarian pena di atas mudah-mudahan dapat memberikan gambaran bagaimana mutiara perjalanan YTP Rahmat Kota Kediri. Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan jalan yang terbaik kepada YTP Rahmat. Aamiin. (*)

*) Penulis adalah Ketua Yayasan Taman Pendidikan Rahmat Kota Kediri

Sumber : Majalah Rahmatan Lil `Aalamiin Edisi 3

Tinggalkan Balasan

eleven − ten =