Siswa kelas 1 belajar mengambil makan siang sendiri dengan  tertib. (foto : Usth Lia)

Wellcome to SD Plus Rahmat, our students !

Senin, 17 Juli 2017 merupakan hari istimewa bagi siswa-siswi dan ustadz/ustadzah SD Plus Rahmat. Hari tersebut merupakan hari pertama masuk sekolah di tahun pelajaran 2017/2018 . Bagi kelas 1 sangat istimewa karena  SD Plus Rahmat merupakan sekolah baru bagi mereka, ustadz/ustadzah baru, teman-teman baru dan lingkungan baru. Tidak kalah istimewa bagi siswa-siswi kelas 2 hingga kelas 6 karena merupakan awal masuk di kelas baru setelah melewati libur panjang hampir satu bulan.

Tampak seluruh ustadz/ustadzah SD plus Rahmat berjajar di sepanjang jalan kecil masuk sekolah, depan gerbang sekolah, dan di depan pintu masing-masing kelas. Mereka menyambut para siswa-siswi dengan Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan Jabat Tangan (5S-1J). Sebagian siswa-siswi kelas 1 masih terlihat malu-malu. Bahkan tidak jarang diantar ayah/bundanya masuk ke dalam kelas. Hal yang wajar untuk awal masuk sekolah dan penyesuaian terhadap lingkungan yang baru. Berbeda dengan siswa-siswi SD Plus Rahmat kelas 2 hingga kelas 6, dengan ceria dan semangat menjawab setiap salam ustadz/ustadzah. Sambil mencari kelas baru mereka juga saling bertutur sapa dengan teman-temannya setelah lama tidak bertemu.

Penyambutan anak-anak di hari pertama masuk sekolah adalah bagian dari salah satu program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Selanjutnya MPLS berlangsung selama satu Minggu, mulai 17 – 22 Juli 2017 untuk siswa kelas 2 hingga kelas 6. Untuk kelas 1, setelah MPLS  satu minggu, berlanjut program adaptasi dengan jadwal pulang pukul 13.00 WIB, selisih satu jam dengan masa pembelajaran  normal yang berakhir pukul 14.00 WIB untuk hari Senin s/d Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat s/d Sabtu jadwal menyesuaikan.

Tiap-tiap jenjang memiliki program MPLS tersendiri yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan jenjang masing-masing. Intinya, MPLS mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa, mengingatkan dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang harus dilakukan ke depannya, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih baik dan lebih berprestasi dari tahun sebelumnya. Diharapkan mampu berproses dan berprestasi secara optimal baik dalam sikap, akademik, bakat maupun minat yang ingin dicapai ke depannya.

Berikut adalah beberapa kegiatan MPLS selama satu minggu mulai jenjang kelas 1 hingga kelas 6 :

Siswa-siswi Kelas 1 berkumpul di halaman sekolah untuk mendengarkan pemaparan tentang SD Plus Rahmat yang disampaikan Kepala SD Plus Rahmat (Ustadzah Yuni), Wakil Kepala (Usth Betty) dan Koordinator Jenjang Kelas 1 (Ustadzah Rizzul) dengan didampingi ustadzah-ustadzah kelas 1 (foto : Ustadzah Lucky)

Siswa-siswi kelas 1 mengunjungi ruang Laboratorium Komputer(Lab Kom) yang nantinya akan digunakan untuk pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan mendengarkan penjelasan seputar TIK dari Ketua Lab Kom SD Plus Rahmat yang sekaligus Waki Koordinator Bidang (Wakorbid) HUMAS (Ustadz Khulk) / (foto : Ustadzah Maya)

Subhanallah, siswa-siswi kelas 1 melakukan persiapan pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung (Calistung) di dalam kelas, dimulai dengan menuliskan nama buku masing-masing secara mandiri dan benar (foto : Ustadzah Anjar)

Pembiasaan doa yang benar setelah Sholat Dhuha di Masjid merupakan salah satu program MPLS jenjang kelas 2 untuk memotivasi siswa/siswi kelas 2 agar terbiasa melakukan doa yang benar setelah sholat. (foto : Ustadz Zaenal)

Taraaa.. Alhamdulillah, aku bisa berkreasi dengan kertas lipat lho..! Siswa-siswi kelas 2 melakukan kreasi kertas lipat dengan cara menggunting dan melipat berbagai bentuk benda. (foto : Ustadz Zaenal)

Siswa-siswi kelas 3 berkarya dengan metode mewarnai, menggunting dan meronce. Oya, karyanya juga digunakan untuk menghias kelas agar tampak indah. Hebat ya..siswa-siswi kelas 3.. !  (foto : Ustadzah Dwi)

Pembuatan Buku Karakter oleh jenjang Kelas 3. Siswa-siswi kelas 3 didampingi oleh ustadz/ustadzahnya belajar menyampul buku sendiri dengan rapi. (foto : Ustadzah Fidyan)

Menyanyikan Lagu Mars SD Plus Rahmat dan Lagu Budaya SD Plus Rahmat, siswi kelas 4 berani tampil di depan kelas dan teman-temannya yang masih baru dalam masa MPLS (foto : Ustadzah Wiwin)

Belajar memilah sampah. Seorang siswi kelas 4 berani bertanya saat kelas bersama seluruh jenjang kelas 4 kepada Ustadz Fajar selaku Koordinator Bidang Sarana & Prasarana (Korbid Sarpras), saat memberikan sosialisasi Bank Sampah di jenjang kelas 4 (foto : Ustadzah Ummi)

Hari pertama, siswa-siswi kelas 5 berkumpul di aula jenjang kelas 5 untuk melakukan kelas bersama. Mendengarkan motivasi, persamaan persepsi di kelas 5, perkenalan dan pengenalan seputar program jenjang kelas 5. “Saatnya jadi juara ya anak-anak..” (foto : Ustadzah Eny)

Dalam materi wawasan kebangsaan, siswa-siswi kelas 5 menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan menunjukkan semangat dan sikap yang baik dan benar. (foto : Ustadzah Luci)

Menanamkan karakter berani dan percaya diri. Setelah mendapatkan materi tentang tata cara sholat dan bacaan sholat yang benar, salah satu siswa kelas 5 berani mempresentasikan, menjelaskan dan mempraktekkan di depan teman-temannya. (foto : Ustadzah Luci)

Siswa-siswi kelas 6 mendapatkan motivasi dan materi sholat dan berwudhlu yang benar dari Ustadz Suryana, pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI). (foto : Ustadzah Pipit)

Didampingi oleh ustadz/ustadzah, siswa-siswi kelas 6 melakukan praktek gerakan dan bacaan sholat yang benar. (foto : Ustadzah Pipit)

Nah, semangat selalu ya anak-anak, sambut hari esok dengan bismillah.. Berproses dan berkaryalah dengan bahagia di bawah bimbingan Ustadz/ustadzah tercinta. Bersama Allah, pasti bisa.. ! 

(Luci Apriliasari, S.TP – Humas SD Plus Rahmat) 

 

Tinggalkan Balasan

15 − six =