Subhanallah.. Mudah ternyata ya membuat telepon itu. Hanya memerlukan dua buah gelas plastik bekas air mineral, tali dan batang korek api (lidi). Taraaaa.. jadilah telepon.

Bermain sambil belajar itu memang seru. Seperti yang terjadi di jenjang kelas 4 SD Plus Rahmat ini. Pembelajaran tematik bertema Indahnya Keberagaman kali ini mengambil materi “Bunyi”. Metode yang digunakan adalah siswa melakukan percobaan dengan judul “Mengidentifikasi Sifat Bunyi”. Melalui materi ini siswa diharapkan mampu mengidentifikasi sifat bunyi salah satunya merambat, baik melalui benda padat, udara maupun benda cair.

Nah, metode percobaan ternyata sangat efektif untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak. Salah satunya melalui pembuatan telepon. Saat ini siswa hanya merangkai dua buah gelas plastik yang sudah dilubangi, dan disambungkan tali. Batang korek api diikatkan di ke dua ujung tali yang berada di dalam gelas agar tidak mudah lepas. Tidak sampai 15 menit siswa berhasil membuat telepon sederhana.

Hanya dengan menarik tali dan memegang gelas dengan sedikit kencang, mereka sudah bisa saling ngobrol, berbicara dan mendengarkan secara bergantian. Gelak tawa mewarnai kelas. Ekspresi puas tersirat pada wajah mereka. Sekarang aku tahu. Bunyi bisa merambat melalui benda padat ya ustadzah… ! Nah, asyik bukan. Yuk dicoba dengan percobaan yang lain. (LUCI APRILIASARI,S.TP – KORBID HUMAS SD PLUS RAHMAT)

Tinggalkan Balasan

18 + 4 =