bunga lavender ungu

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India—Dunia Lama. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga tersebar di Kepulauan CanariaAfrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Prancis selatan), Arabia, dan India; banyak darinya ditanam dan dikembangkan secara luas di iklim sedang sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial. Tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Lavender paling sering digunakan dalam aromaterapi. Keharuman dari minyak tanaman lavender dipercaya dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kesehatan. Aroma bunga ini juga dikatakan membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan mungkin rasa sakit ringan

Lavender
Lavandula 


Taksonomi
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoLamiales
FamiliLamiaceae
UpafamiliNepetoideae
GenusLavandula 
Linnaeus, 1753

Bunga lavender memiliki kandungan essential oil yang bukan hanya mampu mengusir serangga, tapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Seperti menghilangkan stres dan kecemasan, mencegah kanker, hingga mengobati diabetes. Bahkan, lavender juga berguna untuk kecantikan, lho!

Nah penasaran kan manfaat lain yang dimiliki oleh bunga lavender, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengatasi Insomnia

Saat mengalami sulit tidur pasti akan sangat mengganggu. Karena hal tersebut akan membuat aktivitas keesokan harinya menjadi terganggu. Kurangnya tidur juga mempengaruhi suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

Jika terlalu sering mengonsumsi obat tidur memiliki efek samping yang parah, termasuk kecanduan. Maka dari itu, minyak bunga lavender bisa jadi pilihan tepat.

Caranya mudah, cukup oleskan minyak essential oil lavender pada leher, atau teteskan pada alat difusser.

2. Percantik Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan kuat merupakan keinginan semua wanita. Tapi terkadang malas kalau harus rutin melakukan perawatan di salon, terlebih jika kamu memiliki aktivitas yang padat.

Untuk itu kamu bisa menggunakan bunga lavender sebagai bahan untuk merawat rambutmu. Manfaat dari minyak lavender mampu membasmi kutu di rambut, lho.

Tak hanya itu, lavender juga mampu memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan, serta meningkatkan pertumbuhan rambut

3. Mengobati Diabetes

Kandungan antioksidan radikal yang dimiliki lavender dipercaya bisa mengatasi masalah penyakit diabetes. Senyawa polifenol dari lavender dapat mencegah munculnya radikal bebas dan sel-sel yang akan menimbulkan penyakit berbahaya. Untuk itu, agar gula darah tetap stabil kamu bisa rutin mengonsumsi teh bunga lavender.

Cup of tea and lavender flowers

4. Perawatan Kulit

Kandungan Antioksidan dari lavender bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi dan mengatur sekresi sebum secara berlebihan. Bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat dapat dikurangi dengan penggunaan minyak lavender.

Menambahkan beberapa tetes ke pelembap, atau bahkan beberapa air yang disiramkan ke wajah diketahui mengurangi jerawat dan bekas luka.

Tinggalkan Balasan

seven + 16 =