Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah MalaysiaIndonesiaAustralia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan seperti pemakaian dalam perawatan kulit dan wajah.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jaheanZingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal di antaranya seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), huni (Bima), konyè’ (Madura), Kunyir (Komering). Cahang (Dayak Panyambung), Dio (Panihing), Uinida (Talaud), Kuni (Sangir), Alawaha (Gorontalo), dan masih banyak sebutan unik tersebar dari wilayah Indonesia mengingat indonesia memiliki beragam wilayah dan bahasa.

Kunyit
Curcuma longa
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tanpa takson):Angiospermae
(tanpa takson):Monocots
(tanpa takson):Commelinids
Ordo:Zingiberales
Famili:Zingiberaceae
Genus:Curcuma
Spesies:C. longa
Nama binomial
Curcuma longa L.[1]

Macam-Majam Kunyit di Indonesia :

1. Kunyit Merah ·

kunyit merah

Kunir (Kunyit) merah punya tampilan yang mirip dengan kunir (Kunyit) kuning, namun nyatanya kedua jenis tanaman ini cukup berbeda. Kunir (Kunyit) merah punya warna jingga yang lebih pekat meski punya banyak manfaat yang sama. Minum secara rutin Kunir (Kunyit) Merah membantu – mengobati Maag – mengurangi gejala asam lambung – meredakan nyeri – sebagai obat alergi alami – mencegah penuaan dini – mengatasi diare atau sembelit – menghambat pertumbuhan sel kanker – melawan infeksi di kulit

2. Kunyit Kuning ·

Kunyit Kuning

Kunyit jenis ini adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet. Rasa dari kunyit kuning sendiri tidak pahit. sehingga lazim digunakan sebagai campuran masakan, dan bis sebagai jamu.

3. Kunyit Hitam ·

kunyit hitam

kunyit hitam merupakan jenis langka, karena itu harga rimpang satu ini sangat mahal. diketahui kunyitr hitm memiliki khasiat sebagai obat herbal.

kunyit hitam memiliki warna yang lebih gelap. Selain itu aroma kunyit hitam juga lebih menyengat, pun rasa ketika dikonsumsi kunyit hitam memiliki rasa pahit yang mendominasi lidah.

Meski aromanya menyengat dan rasanya pahit, namun herbal ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kunyit hitam memiliki kandungan kurkumin yang tinggi, sehingga rempah ini mampu memberikan efek penyembuhan. 

kunyit jenis ini dimanfaatkan sebagai obat nyeri, paru-paru, dan kanker.

4. Kunyit putih.

kunyit putih

Kunyit putih atau dikenal dengan nama white turmeric, atau Zedoary (Curcuma zedoaria) dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau antinyeri, antialergi, obat tukak lambungasam lambung, antiracun (penawar terhadap bisa ular), dan antiradang.

Perbedaan Kunyit Kuning dan Putih : Kunyit kuning merupakan akar dari tanaman yang bernama Curcuma longa. … Sementara, kunyit putih atau yang sering disebut dengan Amba haldi memiliki warna yang lebih terang dibanding kunyit kuning. Rasa kunyit ini juga cenderung lebih pahit bila dibandingkan dengan kunyit kuning

Tinggalkan Balasan

15 − 5 =