Oleh : Ruhana Mayasari, S.Ag

Setiap Akhir Semester, anak-anak SD Plus Rahmat senantiasa mengadakan kunjungan tema. Untuk jenjang kelas 1, tema yang diangkat adalah “ Peduli Lingkungan Sekitar” dengan mengambil lokasi Kediri Ecopark. Letak Kediri Ecopark ada  di Kecamatan Pesantren. Istimewanya, di Ecopark anak-anak menjumpai berbagai binatang darat dan binatang air. Diantara binatang yang dipelihara di Ecopark adalah, burung hantu, burung nuri, burung kutilang, burung perkutut, ayam, angsa, itik, bangau, kelinci, dan lain-lain. Adapun ikan yang hidup di kolam ecopark diantaranya adalah :  ikan nila, mujair, koi, lele, gabus dan sebagainya.

Disana, anak-anak mendapatkan ilmu tentang cara merawat binatang dengan baik. Inilah kebiasaan berharga yang diajarkan di sekolah dan dipraktikkan langsung di Ecopark. Mereka pun tahu cara memandikan binatang serta cara membersihkan kandangnya. Anak-anak pun mengaku sangat tertarik ketika mendapat kesempatan memberi makan binatang. Menurut anak-anak, binatang-binatang ecopark suka makan dan suka berebut makanan. Binatang-binatang tersebut bagaikan pesta saja dalam menyambut makanan .

Di sela-sela mereka melaksanakan tahapan demi tahapan acara, para ustadzah memberi aba-aba. Aba-aba tersebut merupakan panggilan berkumpul untuk masing-masing kelas. Sisi menarik setelah anak-anak berkumpul semuanya adalah, diadakannya kuis tanya jawab.  Para ustadzah kelas 1, membuat beragam cerita menarik seputar ecopark untuk dijadikan alat  kuis. Tentu saja anak-anak antusias mendengarnya dan berebut menjawab. Gaya simak mereka diliputi keinginan agar jari ustadzah menunjuknya guna mendapat jatah menjawab. Dan yang tak kalah penting dari serangkaian kunjungan tema kali ini adalah diperbolehkannya mereka  berenang.  Usai acara kisaran pk.11.00, anak-anak dipersilahkan berenang dibawah pendampingan ayah atau bunda mereka.

Tinggalkan Balasan

15 − 1 =