Mengapa  anak sering kurang mandiri? Minimal ada beberapa PENYEBAB yang membuat anak kurang mandiri. Satu diantaranya  seperti tidak pernah dilatih untuk mandiri, orangtua acapkali mengambil tugas yag seharusnya dapat dilakukan sendiri oleh anak. Padahal, kemadirian adalah modal utama yang harus tuntas di usia anak jenjang kelas 1&2.

Tugas mendidik pembiasaan mandiri anak menjadi tanggung jawab bersama, baik guru di sekolah maupun orangtua di rumah. Dalam situasi dan kondisi pandemi ini, SD Plus Rahmat tetap berkomitmen melakukan pendampingan terhadap siswa. Nah, mewadahi orangtua untuk belajar bagaimana mendampingi kemadirian anak di rumah. SD Plus Rahmat mengadakan kegiatan parenting online Kuliah Wahtsapp (KULWAP). Kegiatan KULWAP parenting ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 April 2020 pukul 08.30-10.00 WIB.  Kulwap ini terkonsentrasi untuk orangtua murid kelas 1&2, sehingga diharapkan materi kemandirian bisa tepat sasaran untuk siswa dan orangtua.

KULWAP Parenting kali ini SD Plus Rahmat bekerjasama dengan Griya Parenting Indonesia di bawah asuhan Ustadz Drs Miftahul Jinan, M.Pd.I. Adapun tema yang diangkat adalah Bijak Mendampingi Libur Anak “Membangun Kemandirian Anak”. Materi bisa di unduh disini.

Antusiasme orangtua dalam menanggapi materi kulwap ternyata sangat tinggi, beberapa pertanyaan yng sudah dihimpun oleh admin, dijawab secara live oleh ustadz Jinan. Berikut beberapa tampilan kegiatan kulwap :

Untuk rekap chat grup bisa dilihat disini.

Alhamdulillah, diskusi  hangat bersama orangtua hebat berjalan dengan lancar, di sisa waktu yang masih ada juga sempat terkirim beberapapertanyaan dari orangtua yang kemudian dijawab langsung oleh ustadz Jinan melalui voice note .

Dari rumahpun kita masih bisa belajar bersama, memanfaatkan media online sebagai sarana. Semoga dengan adanya kegiatan sharing dalam Kulwap Parenting ini bisa membawa kebermanfaatan untuk orangtua untuk semakin bijak mendampingi anak agar tuntas kemandirian. (Esti_Kinan)

Tinggalkan Balasan

4 × 1 =