Hari ini hari pertamaku.. Hari pertama ke sekolah.. Senangnya hatiku, diantar ayah ibu.. Pergi berangkat ke sekolah.. Senangnya hatiku bertemu teman baru.. Guru baru, tentulah ramah..

Itulah sepenggal lagu Ayo ke Sekolah. Mengisyaratkan, begitu indahnya hari pertama ke sekolah. Sekolah adalah tempat yang sangat ditunggu. Diantar ayah ibu, bertemu teman baru dan guru yang ramah. Itulah yang memang ingin kami wujudkan di SD Plus Rahmat tercinta ini.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) istilah yang lazim kita dengar setiap memasuki tahun ajaran baru. Tak ketinggalan di SD Plus Rahmat pada hari Senin 16 Juli 2018 juga melaksanakan pekan pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa-siswinya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari pertama masuk sekolah untuk jenjang kelas 2-6 diisi dengan kegiatan halal bihalal bersama ustad/ustdzah di Masjid Rahmat. Berbagai kegiatan bermanfaat seperti berkenalan dengan teman baru, ustadz & ustadzah baru, ceramah agama, bersalam-salaman, bermain game menarik dan berbagai kegiatan menyenangkan mengisi hari pertama mereka.

Hari pertama adik-adik jenjang kelas 1 pun tak kalah seru lagi. Mengawali bersekolah di jenjang pendidikan formal adalah sesuatu yang luar biasa bagi mereka. Sejak pagi sudah terlihat wajah-wajah ceria, tegang, bingung yang berbaur jadi satu. Banyak yang memulai hari pertama dengan di antar oleh ayah dan bundanya. Bahkan hingga di depan kelas. Ada juga yang masih menangis. Namun, ada juga yang penuh keberanian tidak mau diantar melewati gerbang masuk SD Plus Rahmat. Ustadz dan ustadzah tak kalah cekatan. Sambutan hangat dan salam pun serasa mecairkan suasana. Lucu dan menggemaskan berbagai ekspresi mereka.

Suasana di kelaspun masih harus beradaptasi. Beberapa siswa masih enggan untuk berpindah dari bangkunya, namun tak sedikit pula yang sudah mulai nyaman dengan kelas dan teman baru. Makan siang bersama menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh siswa-siswi kelas 1. MPLS hari pertama dimulai dengan pembiasan do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membaca Pancasila di setiap kelas. Beberapa kegiatan dimulai dengan melibatkan partisipasi siswa. Lagu Ayo Ke Sekolah dan Budaya SD Plus Rahmat membuat anak-anak tampak berusaha untuk menghafalkannya.

Di hari pertama ini hadiah menjadi penghargaan atas keberanian mereka berangkat ke sekolah di hari pertamanya di SD Plus Rahmat. Hal ini cukup mengurai semangat serta senyuman para siswa di hari pertama masuk sekolah. Bahagia para siswa itu menjadi hadiah yang indah bagi ustadz-ustadzah, di awal tahun ajaran baru. (RIZUL NGISMAWATI, S.Pd/LUCI APRILIASARI, S.TP – Tim HUMAS SD Plus Rahmat Kediri)

Berikut beberapa dokumentasi masa MPLS di SD Plus Rahmat :

Halal bihalal, mendengankan tauziyah dan berkenalan dengan ustadz-ustadzah baru
Pembiasaan makan (jenjang kelas 1)
Semangat membuat yel-yel kelas (jenjang kelas 4)
Pengenalan program UKS (jenjang kelas 3)
Pengenalan materi tematik (jenjang kelas 5)
Motivasi oleh Mas Choy (Kelas 6)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

5 × 1 =