Oleh : Pak Agus (Ustadz Agus Sugiharto, S.T)

Hari ini hari jumat minggu kedua masuk sekolah. Ada kesepakatan bahwa hari jumat di jenjang kelas 4 adalah hari bekal. Itu berarti anak-anak kelas 4 harus membawa bekal dari rumah, tidak boleh jajan pada hari itu di sekolah sampai pulang. “”Saya harus bawa bekal hari ini, saya sudah laporan kepada bunda agar dibawakan bekal” kata mbak Chita kelas 4B kepada bundanya.

Mbak Chita mempersiapkan bekal dari rumah

Program tersebut sudah disepakati anak-anak dan sudah disosialisasikan kepada wali murid juga pada waktu sosialisasi program jenjang kelas 4. Memang menarik sampai ketika disosialisasikan mama Mas Zidni 4C usul kalau bisa dilaksanakan setiap hari seperti dulu. Kemudian jenjang kelas 4 memberi jawaban bahwa di SD Plus Rahmat itu muridnya heterogen dari berbagai latar belakang yang berbeda sehingga tidak bisa dilaksanakan setiap hari, juga berbenturan dengan program sekolah karena di sekolah ada kantin/koperasi sekolah yang dibuka setiap hari.

Sosialisasi program jenjang kelas 4

Pemandangan anak-anak yang membawa bekal terlihat begitu masuk kelas, anak-anak mulai menaruh bekal yang dibawanya dan diletakkan di mejanya masing-masing, ada yang masih ditaruh di dalam tas, ada yang langsung sarapan.
Kemudian mbak Queen bertanya, “”Ustad hari ini bawa bekal ya, tidak boleh membawa uang saku, tidak boleh jajan?”. “
“Ya”” jawab saya karena sudah diumumkan sebelumnya.

Mbak Aisya saat menunjukkan bekal yang dibawanya

Teknisnya hari bekal anak-anak pada hari itu (Jum’at) wajib membawa bekal dari rumah, tidak boleh membawa uang saku, tidak boleh jajan, makanan juga yang tidak mengandung micin/vetsin, boleh membawa uang untuk membeli peralatan, buku, infaq dan menabung. Tujuannya adalah agar anak-anak belajar hemat, tidak hidup boros, belajar bertanggung jawab dalam memilih makanan dan melatih mengenal makanan sehat dari rumah. Belajar menyiapkan bekal makanan dan makan makanan sehat yang dibawanya untuk kebaikan di masa depan anak-anak.

Semoga program ini didukung semua pihak baik sekolah dan orang tua wali murid. Besar harapan kami jenjang kelas 4 bisa melaksanakan program unggulan ini disamping program unggulan lain di jenjang kelas 4.
Semangat…Yes..yes…yes..!!!

Tinggalkan Balasan

sixteen + five =