Revisi Kurikulum yang terus menerus dari pemerintah, membuat guru harus siap dan tanggap terhadap perubahan yang cepat. Tentu saja, perubahan ini adalah untuk perbaikan sistem pendidikan dari waktu ke waktu. Seperti Revisi Kurikulum 2013 yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Tahun ini adalah tahun ke 5 SD Plus Rahmat melaksanakan pembelajaran dengan program Kurikulum 2013.

Bu Lilik saat memberikan materi pelatihan revisi kurikulum 2013 pada tanggal 22 Agustus 2017

Bagai jemput bola, SD Plus Rahmat mengadakan “Pelatihan Kurikulum 2013” tanggal 22 dan 29 Agustus 2017 di Aula kelas 1 SD Plus Rahmat Kota Kediri. Pelatihan ini juga mengundang pengawas Kota Kediri Dra. Lilik Marliana, MM. Sebagai pemateri sekaligus mengimbaskan hasil revisi kurikulum 2013 di tahun 2017 ini adalah guru dari gugus 6 yaitu Bambang Pujo,S.Pd (Guru Kelas 1 – SDN Banjaran 2), Santi, S.Pd (Guru Kelas 4 – SDN Banjaran 6) dan Andriano, S.Pd (Guru PJOK kelas 4 – SDN Banjaran 5). Dalam pelatihan ini, Bu Lilik menekankan kepada guru bahwa di dalam Revisi Kurikulum 2013, setiap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus ada penambahan penguatan karakter. Selain itu, penguatan literasi harus ada pada saat pembelajaran berlangsung, dan siswa harus siap menghadapi soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau soal yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Pak Bambang saat melakukan pembelajaran di kelas 1 pada tanggal 29 Agustus 2017 / foto Usth Rafitri
Lesson  Study PJOK Praktek di halaman SD Plus Rahmat oleh Pak Andriano pada tanggal 8 September 2017 / foto Ustadz Fajar

Pelatihan ini terdiri dari dua tahap. Tahap pemberian materi yang berlangsung Selasa, 22 Agustus 2017. Tahap ke dua adalah Lesson Study  oleh guru-guru pemateri . Dalam metode ini, ustadz/ustadzah SD Plus Rahmat  langsung mengamati aktivitas pembelajaran sebagai bahan refleksi dan peningkatan kualitas pembelajaran. Tahap ke dua berlangsung dalam dua agenda. Pertama adalah pembelajaran di kelas  1 dan 4 yang berlangsung di ruang kelas pada Selasa, 29 Agustus 2017. Kedua, pembelajaran PJOK di dalam dan di luar kelas yang berlangsung hari ini Jumat, 8 September 2017. Ustadzah Sri Wahyuni, S.TP,, S.Pd.SD selaku Kepala SD Plus Rahmat mengatakan “ Kegiatan seperti ini, ke depannya akan menjadi agenda tersendiri bagi SD Plus Rahmat”. Dari pelatihan dan pembelajaran ini, diharapkan ustadz/ustadzah SD Plus Rahmat semakin termotivasi untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran secara terus menerus, serta tanggap terhadap segala perubahan perbaikan yang terjadi sewaktu-waktu.

(LUCI APRILIASARI, S.TP – HUMAS SD Plus Rahmat Kediri)

Tinggalkan Balasan

2 × three =