Hari ini, Jum’at, 29 Oktober 2021 menjadi ceremonial puncak acara “Go Green Rahmaters” yang sudah dimulai selama hampir sepekan di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Kegiatan ini merupakan wujud dari gerakan Tanam Rawat dan Jaga yang bertujuan untuk mengajak siswa siswi, guru dan orangtua untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah yang hijau, asri dan sehat. Acara ini digelar secara offline terbatas dengan menghadirkan perwakilan beberapa siswa dan guru, serta perwakilan wali murid (Komite Sekolah).

Sambutan dan Opening Go Green Rahmaters oleh Kepala SD Plus Rahmat


Ustadzah Sri Wahyuni, Kepala SD Plus Rahmat dalam sambutannya menyampaikan pentingnya tanaman hijau di lingkungan sekolah. Salah satunya untuk penyaring udara dan penghasil oksigen yang dibutuhkan bagi makhluk hidup. “Kita merasakan udara akhir-akhir ini semakin panas, apalagi ketika pandemi di kelas dilarang untuk menyalakan AC ataupun kipas angin. Tanaman yang ada di sekitar kelas dan halaman, selain menghasilkan oksigen, juga membuat lingkungan asri dan sehat. Sehingga siswa sekalian bisa belajar dengan nyaman di sekolah” Kata Ustadzah Yuni.

Dalam kesempatan kali ini, Bunda Dea selaku perwakilan dari wali murid (Komite Sekolah) yang sangat antusias dan selalu mendukung kegiatan sekolah juga turut menyampaikan harapannya, “Saya berharap, kegiatan gerakan Go Green Rahmaters di sekolah ini nantinya bisa dibawa pulang ke rumah sebagai kebiasaan menanam dan merawat tanaman yang ada di rumah.”

Bunda Dea (Andreanti Dewi Anggraeni – Bunda Mas Biant & Mas Akbar)


Antusiasme siswa dan orangtua untuk berpartisipasi menyumbangkan berbagai jenis tanaman sangat luar biasa. Terhitung lebih dari 300 tanaman terkumpul sejak Senin hingga hari ini. Berbagai jenis tanaman indoor seperti Aglonema, Sansiviera, Anggrek, Bromelia, Sirih gading, dan masih banyak lagi, kemudian diberi label nama tanaman, sehingga menjadi media edukasi siswa untuk mengetahui berbagai nama dan jenis tanaman hias yang selain cantik juga bernilai manfaat bagi lingkungan.

Simbolik Penyerahan Donasi Tanaman

Dalam puncak acara, siswa yang hadir menyerahkan tanaman hias yang ditanam dari rumah kepada sekolah secara simbolis, sebagai bentuk partisipasi dan komitmen untuk ikut serta dalam gerakan Tanam, Rawat dan Jaga yang menjadi ruh dalam kegiatan Go Green Rahmaters ini. Selain itu, dalam rangkaian acara hari ini sekaligus menjadi momentum pelantikan Duta Adiwiyata yang diambil dari siswa kelas 5 SD Plus Rahmat, 2 orang siswa (Kanaya Raras Damayanti Dzykrullah – 5A dan Muhammad Haikal Elrasheed Marzuqi – 5B) secara simbolis dilantik langsung oleh Kepala SD Plus Rahmat. Merekalah nanti yang menjadi pioneer dalam menyampaikan kampanye Go Green Rahmaters kepada teman-teman serta orangtua, salah satunya dengan membagikan flayer berisi informasi tentang pentingnya penghijauan lingkungan dan cara merawat tanaman di sekitar.

Simbolik Pelantikan Duta Adiwiyata (Ananda Naya 5A dan Anandan Haikal 5B)
Simbolik Pelantikan Duta Adiwiyata
Kampanye Go Green Rahmaters oleh Duta Adiwiyata


Tak lupa, Ustadzah Yuni juga berpesan, bahwa tanggung jawab untuk merawat tanaman yang ada di sekitar merupakan kewajiban bersama, baik siswa, guru maupun karyawan memiliki peran dalam merawat dan menjaga lingkungan. Dari Kita, Untuk Kita, Mari kita rawat bersama.
Go Green Rahmaters, “Gerakan Tanam, Rawat dan Jaga”, untuk hijau sekolahku, dan biru langitku. (Esty_Kinan – BJ)

Jangan lupa follow medsos SD Plus Rahmat yah:

4 thoughts on ““Go Green Rahmaters”

Tinggalkan Balasan

two × 5 =