Perpustakaan SD Plus Rahmat Kota Kediri bersama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kediri berkolaborasi untuk melangitkan kembali geliat Literasi sekolah yang mati suri saat pandemi.

Selasa, 24 Mei 2022, Kepala SD Plus Rahmat, Sri Wahyuni,M.Pd. melaunching Kartu Sakti Rahmaters.

SAKTI “Satu Kartu Terintegrasi”. Merupakan Kartu layanan Perpustakaan dengan pelayanan terpadu.
Kartu ini, mengintegrasikan layanan Perpustakaan Rahmatan Lil ‘Alamin SD Plus Rahmat dengan Perpustakaan Daerah Kota Kediri. Sehingga, baik siswa/guru SD Plus Rahmat bisa meminjam buku di Perpusda hanya dengan satu kartu, “Kartu Sakti Rahmaters”.

Launching KArtu Sakti Rahmaters dan WHAPI WhatsApp Library secara simbolis. Dari kanan Kepala SD Plus Rahmat, Perwakilan Paguyuban Wali Murid, Pustakawan Cilik, Dinas Perpusda Kediri, dan Pustakawan SD Plus Rahmat.

“Pengguna Jasa Perpustakaan, Membutuhkan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Melalui inovasi Kartu Sakti Rahmaters dan WHAPI diharapkan bisa memberikan pelayanan prima dan pustakawan lebih dekat dengan pemustaka”


Tidak hanya itu, untuk memberikan pelayanan optimal bagi pemustaka, Perpustakaan Rahmatan Lil ‘Alamin mengembangkan Pelayanan Sirkulasi berbasis Whatsapp.
“WHAPI : WhatsApp Library”, melengkapi pelayanan pemustaka. Dengan Whapi, pemustaka bisa mengakses Online Public Catalogue dan melihat koleksi apa saja yang dimiliki oleh perpustakaan melalui WA. Fitur lainnya, whapi mengirimkan bukti transaksi peminjaman dan pengembalian maupun pengingat keterlambatan pengembalian melalui Whatsapp yang terhubung dengan kontak Whatsapp Orangtua. Sehingga, Ayah dan Bunda bisa ikut memberikan pendampingan membaca di rumah bersama ananda.

3 Buku Kumpulan Karya Cerpen Rahmaters ROMO #4

Dalam Rangkaian acara Gebyar Literasi ini, ada 3 Produk Literasi yang diLaunching, yang terakhir adalah Buku Kumpulan Karya Cerpen Rahmaters dari Jebolan Finalis Lomba Menulis Cerpen Rahmat Olimpiade Menulis Online #4 yang diikuti oleh Siswa SD, SMP, SMA, Guru, dan Orangtua Se-Kota Kediri. Karya tersebut tidak hanya diterbitkan dalam bentuk cetak, namun juga dalam bentuk E-Book yang bisa dibaca gratis di aplikasi Digital Library SD Plus Rahmat.

Tampilan Biola dari Kak Sasa Duta Baca Provinsi Jawa Timur.

Dalam acara ini, dimeriahkan juga dengan kehadiran Road Show DarLing Dongeng Anak Dan Remaja Keliling dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Dengan Penampilan Kak Tobi dan Boneka O’o si monyet dalam dongeng anak, serta Penampilan Biola dari Kak Sasa, Duta Baca Provinsi Jawa Timur.

enampilan Kak Tobi dan Boneka O’o si monyet


“Terima Kasih kepada Perpusda Kota Kediri atas kerjasama dalam kegiatan Literasi di sekolah kami. Terima Kasih juga kepada Team Darling PerpusProv Jatim untuk kunjungan spesial di sekolah kami. Sebagai Sekolah Penggerak, maka Keterampilan Literasi menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh siswa. Sebab saat ini literasi tidak hanya soal membaca saja, Saat ini bagaimana Guru, Siswa dan Orangtua bisa memprodukkan isi kepala maupun gagasan dalam pemikiran mereka”. Pesan Kepala SD Plus Rahmat.
“Pengguna Jasa Perpustakaan, Membutuhkan pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Melalui inovasi Kartu Sakti Rahmaters dan WHAPI diharapkan bisa memberikan pelayanan prima dan pustakawan lebih dekat dengan pemustaka” Pungkasnya. (kinan_esty)

Team Darling Perpusprov bersama dengan Kak Namia (kelas 1)

Tinggalkan Balasan

eighteen − seventeen =