“Semoga Allah merahmati seseorang yang murah hati ketika menjual, membeli dan menuntut haknya.” (HR. Bukhari).

Langkah kecil yang berayun mantap, senampan kue ia bawa dengan tangannya, senyumnya ramah menyapa setiap yang melihatnya,

“Mari kuenya dibeli, ini home made buatan saya dan bunda lho..” ujar seorang siswa sembari menawarkan kue dagangannya kepada pembeli yang lalu lalang memadati area Tirtayasa Park di Sabtu yang cerah.

Ya,  ada yang meriah di hari itu, tepatnya tanggal 30 Maret 2019. Event Tahunan SD Plus Rahmat,  yaitu Business Day dan Pentas Seni diselenggarakan. Event kali ini dikemas berbeda, karena biasanya dilaksanakan terpisah, namun kali ini dua kegiatan besar ini dilaksanakan bersamaan.

Pembukaan oleh Ketua Yayasan Taman Pendidikan Rahmat, Bapak Ir. H. Mujito

Dengan mengusung tema Indonesian Cultural Expo,  atau Pameran Budaya Indonesia,  nuansa Pertiwi sungguh sangat terasa.

Kurang lebih sebanyak 742 siswa/i dari kelas 1-5 yang tumpah ruah memadati area, diramaikan dengan 5 stand utama dari 5 jenjang kelas , yang dihias sedemikian rupa dengan ornamen budaya dari berbagai belahan nusantara. Jenjang kelas 1 Budaya Jawa Barat ; jenjang kelas 2 Jawa Timur ; Jenjang kelas 3 Bali ; jenjang kelas 4  Betawi ; kemudian jenjang kelas 5 Minangkabau – Sumatera.

Pengunjung akan diajak berwisata kuliner dan budaya Nusantara melalui setiap stand yang ada.  Ada Juga pameran bermacam hasil karya siswa, berupa kerajinan bulu-bulu, kerajinan 3D, kerajinan kain flannel, lukisan Cekakik, karya kolase, dan batik.

Business Day sendiri adalah hari dimana siswa dibebaskan untuk menjual beraneka ragam dagangan mulai dari makanan, alat tulis, hingga kerajinan.  Siswa bisa menjajakan barang dagangannya dengan asongan, maupun dengan menitipkan di stand jenjang.

Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan kegiatan jual beli secara islami.  Yaitu dengan memperhatikan rukun jual beli dan tata cara berdagang yang baik sesuai dengan yang dicontohkan oleh  Rasulullah SAW dan sahabat. Sehingga diharapkan hasil dari jual beli akan menjadi halal, thoyyib, dan bernilai ibadah.

Sepanjang acara berlangsung, tidak ada yang namanya bosan.  Karena di panggung megah yang disediakan, berlangsung aneka spectacular show dari 21 macam ekstra kurikuler yang unjuk kebolehan. 

Simak saja mas Arya dari ekskul band yang lihai menggebuk solo drum, performnya membawakan lagu Allah ya baba memukau penonton. siapa yang menyangka drummer cilik ini baru duduk di kelas 3.

Ada juga ekskul Pramuka yang menampilkan tari semaphore dengan atraksi human-mountain atau formasi manusia bertumpuk ala cheerleader.

Tidak lupa Ekskul tapak suci, beladiri khas nusantara yang menyajikan penampilan mendebarkan lewat aksi pecah balok es, tari rampak dan helatan jurus-jurus tapak suci dengan menggunakan alat peraga senjata tajam.  Tentu saja atraksi tersebut dengan pengawasan dari ustad Widi, pelatih profesional ekskul tapak suci.

Selain itu, pengunjung juga bisa mampir di salah satu tenda stand khusus yang memajang hasil karya ekskul Lukis, batik, taekwondo, dan aneka dokumentasi kegiatan ekskul lainnya. 

SD Plus Rahmat tidak hanya mendidik siswa dalam akademik dan agama, namun juga memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekskul yang bisa dipilih. 

Diantaranya : Klub SAINS, English Club, Tapak Suci, Tari, Bina Vokal, Teater, Qiro’ah, Lukis, Catur, Jurnalistik, Tiwisada, Kaligrafi, Robotik, Pramuka, Batik, Band, Soccermin, Panahan, Renang, Taekwondo dan Badminton. 

Beberapa Program Ekskul sendiri sudah mengantarkan ananda meraih berbagai prestasi di bidang non-akademik.  Seperti cabang ekskul Taekwondo misalnya, Mbak Lulu yang saat ini duduk di kelas 6 beberapa kali mendulang emas dalam berbagai event kejuaraan nasional maupun internasional.

Prestasi tidak dituai dengan instan,  butuh proses dan waktu untuk meraih prestasi yang unggul.  Pun demikian bagi siswa/i SD Plus Rahmat, Siapa tahu kelak mereka akan menjadi cikal bakal atlet dan ilmuwan masa depan yang cemerlang serta solih dan solihah. Aamiin.. 

(Kinan Esty_Librarian)

Tinggalkan Balasan

18 + one =