Belimbing / Belimbing Manis adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari IndonesiaIndia, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia TenggaraRepublik DominikaBrasilPeruGhanaGuyanaTonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007

Belimbing
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Oxalidales
Famili:Oxalidaceae
Genus:Averrhoa
Spesies:A. carambola
Nama binomial
Averrhoa carambola L.

Kegunaan Belimbing

Buah ini memiliki banyak sari (air), sehingga memungkinkan untuk dibuat wine buah. Di Myanmar, belimbing digunakan untuk membuat acar teh.

Gangguan terhadap kesehatan

Orang yang bermasalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah ini karena mengandung asam oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang tinggi.

Khasiat Belimbing untuk Kecantikan

belimbing adalah buah yang rendah kalori dan dikemas dengan vitamin C serta antioksidan. Bagi kebanyakan orang, belimbing merupakan makanan tambahan yang sehat untuk diet

Dengan kaya vitamin, belimbing pun memiliki manfaat bagi kecantikan

1. Membantu mencegah dan mengatasi jerawat

Ternyata, buah belimbing memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Kandungan zinc di dalam belimbing juga alasan utama dalam menyembuhkan jerawat. Di mana zinc mengatur kelenjar sebaceous kulit dan keseimbangan hormonal.Selain itu, mandungan oksalat dan vitamin A di dalam buah tropis ini  bisa membantu mengurangi peradangan di kulit wajah.

2. Mencegah pembentukkan kerutan dan garis-garis halus

Munculnya garis halus, kerutan dan bintik hitam pada wajah merupakan tanda penuaan dini. Dengan mengonsumsi belimbing secara teratur, maka bisa mencegah alami penuaan. Ini karena belimbing mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi jaringan sel kulit. Artinya, belimbing dapat terhindar dari pembentukkan kerutan dan garis-garis halus di kulit wajah.

3. Menjadikan kulit sehat bercahaya

Belimbing bisa menjadi jenis buah yang kamu konsumsi untuk membuat kulit lebih glowing. Ini karena belimbing bersifat antiinflamasi yang dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A, B dan C di dalam belimbing segar penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, nutrisinya akan menjadikan kulit sehat dan bercahaya.

Tinggalkan Balasan

four + eight =